BI Canangkan Transformasi Penyusunan AFSBI 2024

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) melakukan pencanangan program transformasi dengan menyusun Arsitektur Fungsi Strategis BI (AFSBI) 2024. Arsitektur tersebut disusun untuk meningkatan kekuatan dan kecekatan  BI dalam menghadapi implikasi dinamika perubahan dan tantangan jangka menengah panjang terutama di bidang moneter, keuangan dan perekomonian baik global, regional dan nasional; mempersiapkan fungsi strategis dan kapabilitas BI baru yang maju, kuat, berorientasi ke depan menghasilkan kebijakan terbaik dan merujuk pada praktek-praktek yang terbaik. “Pencanangan ini juga dimaksukan t mewujudkan visi baru BI menjadi bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional,”  ujar Direktur  Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (24/4).

Dia mengatakan penyusunan arsitektur didahului dengan diagnosa, menyusun rancangan arsitektur dan strategi dalam jangka menengah panjang 2014-2024, pentahapan penerapannya beserta quick wins dan inisiatif-inisiatif penting untuk pencapaian visi  BI.

Area-area substansi penting yang akan menjadi cakupan transformasi meliputi fungsi moneter, fungsi stabilitas sistem keuangan termasuk makroprudensial, dan fungsi sistem pembayaran serta fungsi kapabilitas internal pendukung, tidak terkecuali penguatan mekanisme koordinasi dengan lembaga mitra dalam pengendalian inflasi, stabilitas sistem keuangan, pengembangan sistem pembayaran, pendalaman pasar keuangan, serta koordinasi penting lainnya. “Dalam pencanangan tersebut, seluruh anggota Dewan Gubernur dan jajaran pimpinan BI pusat dan daerah hadir dan memberikan dukungan penuh transformasi yang ditandai dengan penandatangan komitmen bersama untuk memulai dan melakukan perubahan,” pungkasnya.