BI Dukung Pengembangan UMKM di DKI Jakarta

Friday 13 Sep 2013, 5 : 39 pm
by

 JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Provinsi DKI Jakarta  dengan jalan mengembangkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).  Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga keterjangkauan harga. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Bantuan Teknis Pengembangan UMKM ditujukan untuk meningkatkan akses UMKM kepada lembaga keuangan, yang dilakukan melalui pelatihan kepada pelaku UMKM dan pengurus lembaga penyedia dana UMKM, diseminasi hasil penelitian, edukasi dan sosialisasi kepada UMKM mengenai pengelolaan keuangan, serta pertukaran informasi. “Perjanjian kerjasamayang ditandatangani hari ini oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan  BI berlaku sampai dengan tahun 2015,” ujar Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo usai membahas langkah-langkah strategis yang menjadi fokus program stabilisasi inflasi Provinsi DKI Jakarta bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo  di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (13/9).

Menurut dia, program kerjasama tersebut dilatarbelakangi oleh masih rendahnya penyaluran kredit UMKM. Secara nasional kata dia, kredit ke sektor UMKM hanya mencapai 18,8%. “Dan kredit UMKM di DKI Jakarta 9,6%,” jelas dia.

Dia mengaku, kredit ke sektor UMKM ini masih rendah. Kendala utama yang dihadapi dalam penyaluran kredit UMKM adalah keterbatasan kapasitas, kapabilitas dan eligibilitas UMKM. Untuk itu, kata dia, perlu upaya bersama dari seluruh pihak terkait, dalam mendorong pengembangan UMKM diharapkan dapat meningkatkan akses keuangan UMKM dan pada gilirannya dapat meningkatkan nilai tambah pada perekonomian, khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ahok: Saya Mau ke Depan, JPO Itu Seperti di Eropa

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akan menyerahkan seluruh pengelolaan
Investor konservatif hanya bersedia menghadapi volatilitas yang rendah atau bahkan tidak ingin ada volatilitas sama sekali.

Memanfaatkan Peluang Investasi Jelang Berakhirnya 2021

Oleh: Dimas Ardhinugraha Jelang berakhirnya tahun 2021, pasar terlihat lebih