BI Luncurkan Buku LPI 2013

Wednesday 2 Apr 2014, 10 : 28 am
by
ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) meluncurkan Buku Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2013 yang berjudul “Menjaga Stabilitas, Mendorong Reformasi Struktural untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” di Jakarta.

Buku LPI merupakan publikasi rutin tahunan Bank Indonesia.

Selain memaparkan berbagai dinamika ekonomi Indonesia pada tahun bersangkutan, termasuk respon kebijakan yang ditempuh, LPI juga berupaya menyampaikan pelajaran yang bisa dipetik.

“Upaya menggali pelajaran dari perjalanan ekonomi tersebut cukup penting karena dapat menjadi fondasi bagi penguatan kebijakan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia ke depan”, demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo dalam key-note speech pada acara peluncuran Buku LPI 2013 di Jakarta, Rabu (2/4).

Menurutnya, terdapat 4 (empat) pelajaran penting yang dapat dipetik dari isi Buku LPI 2013.

Pertama, berhubungan dengan pentingnya menjaga disiplin dan komitmen kebijakan makroekonomi, baik fiskal maupun moneter, dalam mengarahkan ekonomi ke arah pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.

Kedua, strategisnya integrasi dan interaksi kebijakan dalam merespon tantangan yang semakin kompleks. Respon kebijakan tidak dapat lagi hanya mengandalkan satu instrumen, tetapi perlu ditopang dan diperkuat juga oleh instrumen lain.

Ketiga, pentingnya ketahanan sistem keuangan dalam menopang tetap terkendalinya penyesuaian ekonomi (economic adjustment).

Keempat, berhubungan dengan pentingnya reformasi struktural yang dapat meningkatkan kapabilitas industri, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kuat, namun tanpa dibarengi kenaikan defisit transaksi berjalan dan peningkatan tekanan inflasi.
Buku LPI disusun secara komprehensif berdasarkan riset dan analisis secara ilmiah. Data didalamnya dihimpun dari 41 Kantor Perwakilan BI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta berbagai instansi terkait.

“Kami berharap laporan ini dapat menjadi referensi yang berkualitas dan terpercaya dalam menyusun langkah kita mengarungi musim pancaroba yang penuh ketidakpastian sehingga kita tetap harus bersemangat dan bekerja keras,” tambahnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah: 76% Penerima Subsidi LPG 3 Kg Salah Sasaran

JAKARTA-Ketua Banggar (Banggar) DPR RI, MH. Said Abdullah meminta pemerintah

Antam Bagikan Dividen Kas Rp92 Miliar

JAKARTA-RUPST PT ANTAM (Persero) Tbk menyetujui pembagian dividen kas final