BI Pelajari Kasus Suap Diebold

Wednesday 23 Oct 2013, 7 : 41 pm
by

JAKARTA Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengaku akan mempelajari informasi terkait penyuapan yang dilakukan perusahaan penyedia mesin anjungan tunai mandiri (ATM) asal Amerika Serikat, Diebold Inc. Karena, dikabarkan bahwa aksi suap tersebut melibatkan para pejabat tiga bank BUMN di Indonesia. “Kalau seandainya ada informasi terkait dengan itu. Kami akan bantu untuk mempelajari, karena pengawasan bank sekarang masih di Bank Indonesia,” kata Agus di Gedung DPR Jakarta, Rabu (23/10).

Menurut Agus, BI masih perlu mendapatkan kejelasan informasi menyangkut kabar penyuapan oleh Diebold kepada para pejabat bank-bank BUMN. “Informasinya apa? Seperti apa? Dan banknya apa? Siapa namanya? Karena itu penting sekali, supaya tidak ada fitnah,” kata Agus.

Agus berjanji, pihaknya akan mempublikasikan kasus ini kepada masyarakat, apabila sudah ada bukti-bukti konkret yang diterima BI. “Bank yang dipanggil yang mana? Karena bank BUMN ada empat. Jadi, kalau sudah ada bukti yang disampaikan, nanti dikasih tahu,” jelasnya.

Sejumlah media massa menyebutkan bahwa Diebold mengeluarkan US$147 ribu untuk liburan dan hiburan para pejabat tiga bank BUMN. Selama ini Diebold menjual ATM serta produk dan jasa terkait kepada bank-bank BUMN.

Perwakilan Diebold di Indonesia, PT Diebold Indonesia disebut-sebut telah menyediakan perjalanan-perjalanan liburan serta hiburan bagi para pejabat tiga bank BUMN. Upaya ini diharapkan bisa memuluskan rencana Diebold dalam menjalankan bisnisnya dengan bank-bank BUMN.

Namun demikian, lanjut Agus, sejauh ini dirinya belum mengetahui secara pasti terkait kasus tersebut. “Saya tidak tahu. Dan seandainya mau ada aktivitas seperti itu dalam rangka pembelian (mesin ATM), itu dilarang,” terang Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Freeport Indonesia

ESDM: Freeport Siap Teken Renegosiasi Kontrak

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan PT Freeport
PT Samudera Indonesia Tbk

Puradelta Lestari Tebar Dividen Interim Rp12 per Saham, Berikut Jadwalnya

JAKARTA-PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) berencana membagikan dividen interim untuk