BI- Pemerintah Perkuat Koordinasi Kebijakan Pengendalian Inflasi Daerah

Monday 21 Apr 2014, 7 : 54 pm
by

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Menteri Dalam Negeri melakukan penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman mengenai Koordinasi Pemantauan dan Pengelolaan Inflasi Daerah. Penandatanganan nota kesepahaman ini memiliki arti sangat strategis yang menunjukkan kuatnya komitmen  BI dan Pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas harga di daerah, yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Kelompok Kerja Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Pokjanas TPID). “Diperlukan extra efforts dalam koordinasi pengendalian inflasi karena berbagai tantangan perekonomian ke depan mengharuskan adanya upaya penurunan inflasi ke tingkat yang dapat meningkatkan daya saing perekonomian,” ujar  Gubernur BI , Agus D.W Martowardojo di Jakarta, Senin (21/4).

Tahun 2013 katanya merupakan momentum penting bagi pengembangan TPID di seluruh Indonesia. Hal ini ditandai dengan pesatnya pembentukan TPID di kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang meningkat lebih dari 2 (dua) kali lipat dari tahun lalu. Pada akhir Maret 2014 telah terbentuk TPID di 33 provinsi dan 168 kabupaten/kota atau secara keseluruhan ada 201 TPID. Perkembangan ini menunjukkan besarnya perhatian dan pemahaman Pemerintah Daerah tentang pentingnya stabilisasi harga. Hal ini perlu diimbangi dengan penguatan koordinasi pusat-daerah sehingga dapat secara efektif mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional.

Dia menjelaskan, penguatan koordinasi pengendalian inflasi Pokjanas TPID dilakukan pada 4 (empat) hal pokok. Pertama, sinkronisasi program kerja TPID dengan nasional. Kedua, penguatan kerja sama antar daerah untuk mendukung ketahanan pangan. Ketiga, peningkatan kompetensi aparatur pusat dan daerah tentang analisis dan koordinasi pengendalian inflasi. Dan keempat, percepatan pengembangan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).

Langkah-langkah penguatan koordinasi pengendalian inflasi daerah akan terus diupayakan melalui optimalisasi peran Pokjanas TPID. Untuk mewujudkan hal tersebut Pokjanas TPID kembali akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) TPID pada minggu ke-III Mei 2014 bertempat di Jakarta. Pertemuan ini dimaksudkan untuk melakukan pembahasan permasalahan pengendalian inflasi daerah serta menyelaraskan berbagai program TPID sehingga mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Peace Love Kota Depok Santuni 500 Anak Yatim Se Kota Depok

DEPOK-Komunitas Peace Love Indonesia Kota Depok bekerjasama AXA Financial Indonesia

Ini Kiat Kemenperin Jadikan Industri Lokal Naik Kelas

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong produktivitas dan daya saing industri