BI Resmi Diterima Sebagai Anggota NGFS

Friday 8 Nov 2019, 5 : 56 pm
by
Gubernur BI. Perry Warjiyo

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) resmi diterima sebagai anggota Network for Greening the Financial System (NGFS) terhitung sejak 6 November 2019.

Keanggotaan BI dalam NGFS sejalan dengan komitmen Indonesia pada Paris Agreement dan Sustainable Development Goals (SDGs).

NGFS bertujuan untuk mendefinisikan dan mempromosikan praktek dan analisis terbaik terkait pembiayaan hijau (green financing) guna mencapai pertumbuhan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan BI dapat memberikan nilai tambah dalam pengembangan kerangka kerja analitis terkait asesmen risiko iklim dengan mengintegrasikan risiko terkait iklim ke dalam pemantauan stabilitas sistem keuangan, pengukuran dampak dari perubahan iklim, dan perumusan kebijakan yang tepat untuk meminimalisasi risiko-risiko tersebut.

BI telah melakukan beberapa inisiatif sebagai wujud komitmennya terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan:

Pertama, melakukan penelitian mengenai green financing yang kemudian berkontribusi pada pengembangan dan penerbitan obligasi hijau (green bond) oleh Pemerintah Indonesia.

Kedua, menyelenggarakan Annual Indonesia Investment Forum secara berkala yang menempatkan promosi green financing untuk proyek infrastruktur sebagai agenda utama.

Dan Ketiga, mempersiapkan task force terkait keuangan berkelanjutan untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan berbagai upaya dalam memperkuat peran BI untuk mencapai target SDGs.

Seluruh anggota NGFS bersedia secara sukarela untuk bertukar pengalaman, berbagi praktek terbaik, berkontribusi pada pengembangan manajemen risiko lingkungan dan iklim di bidang keuangan, dan untuk memobilisasi arus modal untuk mendukung transisi menuju ekonomi yang berkelanjutan.

NGFS memiliki 3 workstream area, yaitu i) Microprudential / supervisory (pengawasan), ii) Macrofinancial; dan iii) Scaling Up Green Finance.

“BI berkontribusi pada Workstream 2 “Macrofinancial” dan Workstream 3 “Scaling Up Green Finance,” sejalan dengan mandat yang diemban oleh BI. BI diterima sebagai anggota dengan “unanimous agreement” semua anggota NGFS,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI Ambil Peran Penting dalam Optimalisasi ZISWAF di Indonesia

JAKARTA-Optimalisasi pengumpulan serta penyaluran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF)

Disdukcapil Kota Tangerang Berikan Layanan Legalisir Kependudukan

TANGERANG- Pemkot Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)