BI Resmikan Kantor Perwakilan di Pangkal Pinang

Thursday 27 Nov 2014, 4 : 38 pm
by

PANGKAL PINANG-Bank Indonesia (BI) meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) bank sentral Provinsi Kepulauan Babel di Pangkal Pinang. Dengan beroperasinya KPw ini maka BI dapat langsung melayani masyarakat untuk penukaran uang, setoran dan penarikan uang oleh perbankan, serta pelaksanaan layanan transfer dana antar bank baik melalui kliring ataupun melalui Real-Time Gross Settlement (RTGS) yang semula diselenggarakan oleh Bank BNI sebagai penyelenggara kliring lokal non BI.

Acara peresmian dihadiri Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi beserta Walikota dan Bupati di wilayah Provinsi Babel. Turut hadir oleh segenap unsur Muspida Provinsi dan Kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, lembaga-lembaga di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda), perbankan, perusahaan serta tokoh agama dan masyarakat daerah Provinsi Babel.

Sebelumnya, pada tanggal 14 November 2014 yang lalu telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima antara Kepala Perwakilan BI Wilayah VII (wilayah koordinasi meliputi Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung) dengan Kepala Perwakilan BI Provinsi Bangka Belitung, yang menandai dimulainya kegiatan operasional KPwBI Provinsi Bangka Belitung.

Pembukaan KPw di Provinsi Babel ini jelas Agus Marto merupakan komitmen nyata BI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah secara berkesinambungan. KPw Provinsi Babel ini akan berfungsi penuh secara bertahap di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan (SSK), sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah, serta manajemen intern. Peran BI sebagai advisor strategis Pemda, khususnya untuk mendukung upaya reformasi struktural, diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi daerah. “Kami ingin menjadikan kantor perwakilan Bank Indonesia di daerah sebagai mitra strategis bagi Pemda,” kata Agus.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi, mendukung penuh berdirinya Kantor Perwakilan BI di Provinsi Babel dan berharap dapat meningkatkan sinergi dengan Pemda sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Pada acara peresmian tersebut, sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara BI dengan Universitas Bangka Belitung dalam rangka pengembangan mata kuliah kebanksentralan dan bantuan dana penelitian. Hal ini sebagai wujud nyata dukungan BI di sektor pendidikan. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada 10 kelompok tani dari Kabupaten Bangka Tengah. “Kami juga akan memperluas jaringan kantor Bank Indonesia di daerah, dari sebelumnya 30 provinsi menjadi 34 provinsi. Selain di Bangka Belitung, akan dibuka Kantor perwakilan baru di tiga provinsi lainnya yakni Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara”. Dengan dibukanya KPw Babel, Bank Indonesia memiliki 42 Kantor Perwakilan Dalam Negeri dan 4 Kantor Perwakilan Luar Negeri, yaitu di Singapura, Tokyo, London dan New York,” jelas Agus Marto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kredivo-Citilink Tawarkan Inovasi Kemudahan Kredit Instan

JAKARTA-Kredivo (PT FinAccel Teknologi Indonesia), kartu kredit digital untuk milenial

Implementasi Industri 4.0, Indonesia Bangun Pusat Kemampuan Digital

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan teknologi di sektor industri