BI Terus Pantau Risiko Yang Memengaruhi Inflasi

Wednesday 1 Jul 2015, 8 : 57 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) akan terus mencermati berbagai risiko yang memengaruhi inflasi, terutama perkembangan harga minyak dunia, nilai tukar, penyesuaian administered prices, dan dampak El Nino. Pemantauan ini dilakukan agar inflasi terjaga sesuai dengan target. “Berdasarkan perkembangan inflasi sampai dengan Juni, BI memandang bahwa target inflasi 2015 sebesar 4±1% masih dapat dicapai dengan dukungan penguatan koordinasi kebijakan pengendalian inflasi di tingkat pusat dan daerah,” ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs BI di Jakarta, Rabu (1/7).

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi sepanjang bulan Juni 2015 sebesar 0,54 persen. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan laju kenaikan harga pada Mei yang deflasi sebesar 0,50 persen.

Menurutnya, inflasi IHK Juni 2015 mencapai 0,54% (mtm) atau 7,26% (yoy), sedikit meningkat dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,50% (mtm) atau 7,15% (yoy), terutama didorong oleh kenaikan harga bahan makanan memasuki bulan Ramadhan. Namun, realisasi inflasi IHK di bulan Ramadhan pada tahun ini lebih rendah dibandingkan rata-rata inflasi historis di bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. “Selain itu, inflasi pada bulan Juni tersebut lebih rendah dari perkiraan BI,” jelasnya.

Dia mengatakan inflasi volatile food meningkat menjadi 1,74% (mtm) atau 8,83%(yoy), terutama diakibatkan oleh kenaikan harga cabai merah dan daging ayam ras. Namun, inflasi volatile food tersebut lebih rendah dari inflasi volatile food di bulan Ramadhan pada tahun sebelumnya, sejalan dengan upaya stabilisasi harga yang dilakukan Pemerintah, baik di pusat maupun daerah, dalam beberapa minggu terakhir. Inflasi inti meningkat terbatas menjadi 0,26% (mtm) atau 5,04% (yoy), didorong oleh masih lemahnya ekonomi domestik dan tetap terkendalinya ekspektasi inflasi. “Sementara itu, inflasi administered prices cukup terkendali, yakni sebesar 0,26% (mtm) atau 13,14% (yoy), terutama disumbang oleh kenaikan tarif listrik dan harga bensin nonsubsidi,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Serang Jubir KPK, Modus Baru Fadli Zon Teror KPK

JAKARTA-Sikap Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon yang tidak menerima pernyataan jubir

Penerapan GCG di Pasar Modal Harus Ditingkatkan

JAKARTA-Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dalam setiap industri sangat