BI: Tingkat Keyakinan Konsumen Melemah

Friday 2 Oct 2015, 5 : 28 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada September 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2015 tercatat sebesar 97,5, lebih rendah dibandingkan 112,6 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan pelemahan IKK tersebut didorong oleh kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat pada Desember 2015.

Hal ini jelasnya terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang naik 9,5 poin menjadi 164,5. “Peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau,” ujarnya di Jakarta, Jumat (2/10).

Sementara itu, sejalan dengan melemahnya optimisme kenaikan penghasilan, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan pada 6 bulan mendatang juga melambat dari bulan sebelumnya. “Di sisi lain, jumlah pinjaman 6 bulan mendatang diperkirakan meningkat dari bulan sebelumnya,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketahanan Pangan Nasional Jangan Kesampingkan Kesejahteraan Petani

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan keseriusan pemerintah untuk

Lebaran 2019, PUPR: Tol Terbanggi Besar Sampai Palembang Fungsional

LAMPUNG-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan,