BI:Pertumbuhan Tahunan Penjualan Eceran Melambat

Monday 9 Feb 2015, 4 : 55 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Hasil Survei Penjualan Eceran pada Desember 2014 mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran tumbuh melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2014 sebesar 178,0 atau tumbuh 4,3% (yoy), lebih rendah dari 11,4% (yoy) pada November 2014.

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menyebutkan perlambatan pertumbuhan penjualan eceran terjadi pada mayoritas kelompok barang, dengan perlambatan terbesar pada kelompok suku cadang dan aksesori yang mengalami kontraksi sebesar -2,7% (yoy), lebih rendah dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 15,3% (yoy). “Perlambatan pertumbuhan penjualan eceran terjadi di mayoritas kota yang disurvei, dengan perlambatan terbesar di Manado,” urainya.

Pertumbuhan tahunan penjualan eceran diperkirakan kembali meningkat pada Januari 2015. Kondisi itu tercermin dari perkiraan IPR Januari 2015 yang tumbuh sebesar 12,5% (yoy), lebih tinggi dari 4,3% (yoy) pada bulan sebelumnya. Pertumbuhan terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi sebesar 36,0% (yoy), lebih tinggi dari 28,0% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Survei juga mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga mulai menurun. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang (Maret 2015) yang tercatat sebesar 141,7 atau menurun 22,1 poin dibandingkan IEH bulan sebelumnya sebesar 163,8. Menurunnya ekspektasi tekanan harga tersebut diperkirakan didorong oleh meredanya kekhawatiran responden terhadap dampak kenaikan harga BBM bersubsidi pada November 2014 yang lalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG

Penguatan IHSG Berlanjut, Kembali Dekati Level 7.200  

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup

PLN Sempurnakan Sistem Digital Rantai Pasok

JAKARTA-PT PLN (Persero) akan menyempurnakan sistem digital rantai pasok material