BNI Raih Penghargaan Adibakti Mina Bahari

Friday 5 Dec 2014, 8 : 35 pm
by

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjadi satu-satunya bank yang meraih penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, pada acara malam penghargaan Adibakti Mina Bahari Tingkat Nasional Tahun 2014, di Jakarta, Kamis (4/12) malam. Penghargaan yang secara khusus diberikan kepada BNI Cabang Tegal ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada pihak yang berperan aktif, peduli, dan berprestasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya di sektor kelautan dan perikanan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, kepada Irwansyah Kusuma Putera, Pemimpin BNI Sentra Kredit Kecil (SKC) Pekalongan.

Keterangan tertulis Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi di Jakarta, Jumat (5/12), menjelaskan Unit Kredit Kecil BNI Cabang Tegal, yang berada di bawah pengelolaan BNI SKC Pekalongan, dinilai Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai perbankan teladan dalam mendukung usaha pengelolaan sumberdaya kelautan secara meluas dan terintegrasi. Selain menyalurkan pembiayaan pada usaha penangkapan ikan, BNI Cabang Tegal juga menyalurkan pembiayaan pada bidang usaha terkait, seperti perdagangan ikan, pengolahan ikan, perdagangan garam, perdagangan es, pabrik es balok, cold storage, dan stasiun pengisian BBM untuk nelayan (SPBN).

Hingga September 2014, jelasnya jumlah fasilitas kredit yang disalurkan BNI Cabang Tegal di sektor perikanan mencapai Rp 27,83 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 6,175 miliar di antaranya adalah berbentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selama ini, penyaluran kredit sektor perikanan oleh BNI Cabang Tegal dilakukan secara langsung kepada debitor perorangan. Saat ini tengah dijajaki peluang kerjasama penyaluran kredit secara channeling atau linkage melalui koperasi nelayan kepada para anggotanya.

Program Kampoeng BNI berbasis perikanan diharapkan juga segera terealisasi di daerah ini. Salah satu program unggulan yang dimiliki BNI dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sistem clustering adalah Kampoeng BNI. Saat ini, BNI telah membangun puluhan Kampoeng BNI yang tersebar di seluruh Indonesia dari berbagai bidang usaha.

Untuk Kampoeng BNI berbasis usaha perikanan dan kelautan, saat ini BNI telah membangun Kampoeng BNI Nelayan di Lamongan, Kampoeng BNI Nelayan di Muara Angke Jakarta, Kampoeng BNI Ikan Nila di Ponorogo, Kampoeng BNI Ikan Bandeng di Karawang, dan Kampoeng BNI Rumput Laut di P. Nain, Minahasa Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Evaluasi 7 Industri Penerima HGBT

JAKARTA – Pemerintah terus mengevaluasi industri penerima Harga Gas Bumi Tertentu

Anggito Abimanyu Mundur dari Jabatan Dirjen PHU

JAKARTA-Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) yang juga merangkap