BNI Syariah Bidik Lima Kota Pelaku Ekonomi Kreatif

SURABAYA-Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjaring pelaku ekonomi syariah di lima kota, untuk selanjutnya mendapatkan kemudahan pembiayaan.

Adapun lima kota yang dituju masing-masing adalah Surabaya, Makassar, Jakarta, Palembang dan Balikpapan.

“Kami dan Bekraf mendorong perkembangan entrepreneur Indonesia berbasis syariah untuk menangkap peluang tersebut,” kata Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K Kusuma di Surabaya,Sabtu (17/3/2018).

Menurut Restog, kegiatan ini dinamakan dengan “Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia” (Deureuham) 2018, dan untuk pertama digelar Surabaya.

Ia mengatakan, Deureuham adalah kompetisi untuk entrepreneur ekonomi kreatif (ekraf) berbasis syariah yang fokus pada tujuh sub sektor, yakni aplikasi dan game, desain produk, fashion, film, animasi dan video, fotografi, kriya serta kuliner.

Baca :  BNI Syariah Kelola Bisnis Konsumer dan Payroll Asosiasi BP PTSI

“Melalui Deureuham, kami mendorong pelaku usaha berbasis syariah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah, menstimulasi pertumbuhan bisnis berbasis syariah, sekaligus mengembangkan entreprenuer berbasis syariah di Indonesia,” katanya.

Pemimpin Divisi Dana dan Transaksi BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari mengatakan, melalui Deureuham akan memberikan akses pembiayaan usaha yang lebih mudah sesuai kriteria.

“Kami juga akan memberikan pembekalan tentang produk perbankan dan pengelolaan keuangan sesuai dengan prinsip syariah yang menjangkau kebutuhan para entrepreneur,” katanya.

Selain itu, ke depannya, kata Rima, pihaknya juga akan melakukan pendampingan dalam pengembangan bisnis.

“Kami menyeleksi 100 entrepeneur berbasis syariah di lima kota melalui roadshow Deureuham,” katanya.

Bekraf dan BNI Syariah akan memilih enam entrepreneur dari lima kota tersebut untuk mengikuti bootcamp dan mentoring pengembangan bisnis.

Baca :  Triwulan I 2020: Kinerja Industri Pengolahan Menurun

“Nantinya, para pemenang akan mendapatkan pembiayaan perbankan syariah, umroh, sekaligus uang saku, dan pendaftarannya juga bisa melalui daring www.deureuham.id yang ditutup 8 April 2018,” katanya.

Ia berharap, kolaborasi Bekraf dan BNI Syariah mampu meningkatkan pemahaman peluang bisnis berbasis syariah bagi entrepreneur ekraf, sehingga bisa menjadi pebisnis ekraf berbasis syariah yang diakui dunia. ***