BPODT Gelar Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

Saturday 22 Sep 2018, 4 : 04 pm
by
Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) menggelar acara Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba, Luhut Binsar Pandjaitan, mengajak sektor swasta untuk berinvestasi di kawasan pariwisata Danau Toba dalam acara Pre-Market Sounding yang digelar pada 21 September di Jakarta. Pemerintah telah mencanangkan Danau Toba sebagai salah satu dari empat destinasi pariwisata super prioritas.

JAKARTA-Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Kementerian Pariwisata (Kemenpar), didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) menggelar acara Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata di Danau Toba, yang dihadiri oleh para pelaku bisnis industri pariwisata.

Pemerintah mengajak sektor swasta bekerja sama berperan aktif dalam berinvestasi untuk mengembangkan potensi-potensi wilayah wisata sehingga Indonesia memiliki destinasi wisata berkelas dunia.

Kegiatan Pre-Market Sounding ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para calon investor sebelumnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 26 Juli 2018 lalu, Presiden Joko Widido telah mencanangkan Danau Toba sebagai salah satu dari empat destinasi pariwisata super prioritas yang menjadi fokus pengembangan pemerintah.

Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba dilakukan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPODT, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah S. Thaib; serta Direktur Utama BPODT, Arie Prasetyo.

Hadir pula pejabat dari instansi terkait yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Perhubungan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo, mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan penjelasan perkembangan pariwisata Danau Toba sebagai destinasi prioritas.

“Diharapkan, dalam rentang waktu 2 tahun sejak berdirinya, BPODT dapat menarik investor-investor baru dalam bidang perhotelan, daya tarik wisata serta lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Arie menjelaskan, hingga saat ini berbagai pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan kawasan wisata yang nyaman dan memadai bagi wisatawan terus berjalan.

Diantara prasarana yang telah dan sedang dibangun adalah Bandara Silangit yang telah menjadi bandara internasional and memiliki penerbangan international terjadwal dan Jalan tol yang terbentang dari Medan hingga Parapat yang diperkirakan selesai pada tahun 2020.

Selain itu, Jalan Nasional yaitu Jalan Lingkar Samosir, Jalan Lingkar Danau Toba dan lainnya, Pelabuhan-pelabuhan dalam tahap direvitalisasi dan Kapal Roro 300GT yang telah dibangun dan akan ditambah jumlahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Intens Ketemu RI-1, PKB Sebut Tak Pengaruhi Keputusan Reshuffle

JAKARTA – Spekulasi seputar perombakan atau reshuffle menteri Kabinet Kerja mulai

Pertamina Target Tuntaskan Digitalisasi & Kembangkan Pertashop

JAKARTA-Pertamina terus melakukan terobosan dan inovasi untuk mengoptimalkan layanan kepada