Bulog Fokus Penguatan Komersial Tahun 2020

Tuesday 3 Dec 2019, 7 : 07 pm
by
Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso

JAKARTA-Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso memaparkan kebijakan lembaganya di tahun 2020 akan lebih berfokus pada penguatan peran komersial, sejalan dengan berkurangnya penugasan dari pemerintah dalam penyediaan beras bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kedepannya, Perum BULOG akan lebih meningkatkan kinerja komersial melalui penjualan komoditi pangan melalui on-line dan off-line, juga optimalisasi aset dan penguatan anak perusahaan serta unit bisnis,” kata Budi Waseso saat memaparkan kebijakan BULOG tahun depan di Jakarta, Selasa (3/12).

Belakangan, Perum BULOG terus melakukan sejumlah inovasi bisnis, beberapa di antaranya yakni memodernisasi gudang beras yang dimilikinya secara bertahap di seluruh Indonesia, memproduksi beras bervitamin (terfortifikasi) dan terakhir merambah bisnis e-commerce dengan meluncurkan toko pangan on-line “panganandotcom”.

“Bahkan sejumlah kerjasama bisnis dengan berbagai BUMN dan pihak swasta lainnya telah dilakukan seperti penyediaan natura karyawan BNI dan BRI, penjualan sembako ke Grab Kios serta sinergi bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam memasok beras ke ritel modern”, tegas Budi.

Mantan Kepala BNN itu menyatakan, Perum BULOG juga memperoleh sejumlah PMN senilai Rp 2 triliun untuk mendukung penguatan komersial seperti pembangunan CAS (Control Atmosphere Storage), gudang modern kedelai, dan gudang modern beras. Ditahun depan rencananya akan dilakukan pembangunan CDC (Corn Drying Center), serta MRMP (Modern Rice Milling Plan).

“Namun demikian, sesungguhnya BULOG membutuhkan SINKRONISASI dan HARMONISASI kebijakan dari para Regulator, berupa regulasi yang jelas dan didukung sistem penganggaran yang jelas serta mudah dilaksanakan sejak dari HULU sebagai bentuk keberpihakan kepada petani dan juga sisi HILIR sebagai bentuk keberpihakan kepada masyarakat sebagai konsumen,” tutur Budi Waseso.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DBS Akan Akuisisi 13% Saham Dari Shenzhen Rural Commercial Bank

JAKARTA-DBS Group Holdings Ltd (the “Group”) mengumumkan bahwa anak perusahaan

Pasarkan ‘Travellin Syariah, Adira Insurance Gandeng Dua Asosiasi Biro Perjalanan

JAKARTA-Adira Insurance memperkenalkan produk unggulan berbasis syariah yang saat ini