Bulog Tunggu Perpres Revitalisasi

Thursday 3 Jan 2013, 1 : 35 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) terkait Revitalisasi Bulog.

“Kami sangat berharap Perpres-nya (Revitalisasi Bulog) bisa segera keluar atau keluar tahun ini juga. Selama ini kita masih terus melakukan impor,” kata Direktur Utama Bulog, Sutarto Alimoeso di Jakarta, Kamis, 3/1/2013

Menurut Sutarto, Bulog sudah menyerahkan draft rekomedasi revitalisasi dan telah melakukan pendekatan ke beberapa negara untuk memenuhi ketersediaan komoditas pangan.

“Kami sudah melakukan pendekatan dengan Amerika Serikat, Brazil dan India. Kami juga sudah meningkatkan intensitas pendekatan dengan importir-importir di dalam negeri,” tambahnya.

Lebih jauh kata Sutarto, jika peluncuran Perpres Revitalisasi Bulog tersebut tidak bisa terwujud pada tahun ini, maka kredibilitas Bulog akan diragukan dengan mitra yang selama ini bersedia untuk bekerja sama.

“Takutnya, mereka tidak akan percaya lagi dengan kami, jika rencana ini tidak berjalan,” ujarnya.

Guna menjalankan perannya sebagai stabilisator harga tiga komoditas pangan, jelas Sutarto, saat ini Bulog telah mematok target jumlah ketersediaan pasokan di 2013.

“Tahun ini diperkirakan, Perum Bulog mendapatkan peran mengelola kedelai. Direncanakan pembelian kedelai sebanyak 400 ribu ton,” katanya.

Pasokan kedelai tersebut, jelas Sutarto, sebesar 80 persen didatangkan dari mancanegara dan sisanya diharapkan bisa dihasilkan oleh petani domestik.

“Pada 2012, kita masih impor kedelai sebanyak 70 persen. Tahun ini tentunya masih akan besar,” imbuhnya.

Target pasokan kedelai tersebut, kata dia, akan dijual ke masyarakat sebanyak 300 ribu ton, sehingga stok pada akhir 2013 masih ada sebesar 100 ribu ton.

“Saat ini stok kedelai kita nol,” pungkasnya. **can

Don't Miss

Kepercayaan masyarakat terhadap penyaluran pembiayaan perumahan dari bank syariah terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pembiayaan perumahan yang disalurkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk sampai triwulan I 2021.

BSI Salurkan Pembiayaan KPR Rp38 Triliun

JAKARTA-Kepercayaan masyarakat terhadap penyaluran pembiayaan perumahan dari bank syariah terus

Xavi Hernandez Minta Pemain Barcelona Segera Lupakan Kekalahan Dari Cadiz

BARCELONA- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez meminta para pemainnya untuk melupakan