Bupati Mabar: Peduli Sampah, Jangan Sekedar Slogan

Thursday 29 Mar 2018, 3 : 37 pm
by

LABUAN BAJO-Pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT)  terus berupaya ‘mempercantik’ Labuan Bajo sebagai salah destinasi wisata unggulan di Indonesia.  Kendati demikian, upaya memoles bumi Komodo ini tak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.  Karena itu, perlu dukungan banyak pihak untuk membuat destinasi wisata di Kabupaten Mabar itu kian moncer di mata dunia.

Salah satu persoalan di Labuan Bajo yang perlu mendapat dukungan banyak pihak adalah masalah sampah. Karenanya, pada Rabu (28/3), Bupati Kabupaten Mabar, Agustinus Ch Dula melakukan  aksi nyata memungut sampah di Pelabuhan Pelni-Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo.

Kegiatan kebersihan yang dikemas dalam “BUMN Peduli Penanggulangan Sampah di Labuan Bajo,” diprakarsai BNI dan Plataran.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Manggarai Barat, saya menyampaikan terima kasih kepada BUMN yang memiliki kepedulian terhadap keberihan Kota Labuan Bajo,” tambahnya.

Dia mengaku, persoalan sampah ini memang terjadi di hampir semua Negara bahkan sudah menjadi musuh bersama umat manusia dibelahan dunia manapun.

Tumpukan sampah ini jika tidak diatasi segera akan menjadi persoalan bagi industry pariwisata. “Sampah ini menjadi masalah utama, musuh bersama dari pariwisata di sini,” terangnya.

Untuk itu, Bupati dua periode ini meminta kepedulian masyarakat guna mewujudkan Kota Labuan Bajo yang bersih.

“Jangan berhenti hanya sekedar jargon dan slogan yang tidak ada realisasinya. Harus ada actionnya. Dan tugas membersihkan sampah tidak hanya sebatas tanggung jawab petugas kebersihan saja, namun merupakan tanggung jawab bersama,” imbuhnya.

“ Labuan Bajo bukan lagi milik kita sendiri yang menghuni kota ini, akan tetapi sudah menjadi destinasi wisata dunia,” katanya.

Bupati Gusti kembali menggugah kesadaran masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan kota Labuan Bajo ini. Sebab, masalah sampah ini akan bisa diatasi jika persoalan sampah ini ditangani secara bersama juga. “Kita wujudkan lingkungan bersih dari sampah, kurangi sampah yang bersumber dari kita, bersihkan sampah disekitar kita dan mari wujudkan budaya bersih,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Carrel: Status Tersangka Jadi Berkah Ahok-Djarot Menang 1 Putaran

JAKARTA-Praktisi Hukum Carrel Ticualu mengatakan penetapan status tersangka atas Basuki

Utang Indonesia Akhir November 2019 Tercatat USD401,4 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada