Bupati Raja Ampat Raih Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Thursday 14 Sep 2017, 7 : 35 am
by

JAKARTA-Bupati Raja Ampat mendapat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI, Selasa (12/09). Penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.

Bupati Raja Ampat dianugerahi penghargaan karena dinilai memiliki kepedulian terhadap pengembangan perpustakaan dan kegemaran membaca. Juga, tidak terlepas dari peran dan upaya perpustakaan daerah dan provinsi yang memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan minat membaca masyarakat Raja Ampat.

Penghargaan tertinggi tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal Perpustakaan Nasional RI, Dedi Djunaedi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Raja Ampat, Hasan Tamima, yang mewakili bupati pada malam puncak Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2017 di Balai Sarbini, Jakarta.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muh. Syarif Bando dalam sambutannya mengatakan betapa pentingnya buku dan gemar membaca dalam menjalani kehidupan.

Ia berharap dengan adanya penghargaan seperti ini, akan semakin meningkatkan dan membangun minat membaca bagi masyarakat Indonesia.

“Kita harus buktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang hebat dan bangsa yang besar adalah bangsa yang masyarakatnya melek literasi,” ujarnya.

Selain itu, penghargaan tertinggi di bidang perpustakaan ini dilakukan dalam rangka penyebaran informasi yang lebih luas atas keberadaan dan arti penting perpustakaan bagi masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut, Perpustakaan Nasional akan menggelar sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan peran dan fungsi perpustakaan dalam kehidupan masyarakat melalui serangkaian testimoni tentang peran dan fungsi perpustakaan di Indonesia.

Adapun Kategori yang diberikan pada Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka adalah Kategori Pemilihan Buku (Pustaka) Terbaik 2017 (tema Kesehatan), Kategori Pelestari Naskah Kuno Terbaik, Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional, Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional, Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional, Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional, Kategori Tokoh Masyarakat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan & Pembudayaan Gemar Membaca, Kategori Birokrat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan & Pembudayaan Gemar Membaca, Kategori Mass Media dan Life Achievement.

Selain bupati Raja Ampat, Gubernur NTB dan Bupati Solok juga ikut meraih penghargaan sebagai sebagai Tokoh Masyarakat/Birokrat yang peduli terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca. Hadir Sekjen Kementerian Dalam Negeri RI, penggiat literasi dan perwakilan siswa dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Alasan Amnesti Pajak Berjalan Lambat Versi Gus Sholah

JAKARTA-Tax Amnesty harusnya dilihat sebagai hak yang akan digunakan semua
Air Minum

Pemerintah Beri Jaminan Kredit dan Subsidi Bunga Investasi Air Minum PDAM

JAKARTA-Pemerintah Pusat memberikan jaminan dan subsidi bunga atas kewajiban pembayaran