Cadangan Beras Aman Sampai Lebaran

Wednesday 4 Mar 2020, 2 : 33 pm
ilustrasi

JAKARTA-Pemerintah memastikan stok beras untuk seluruh Indonesia dalam kondisi aman sampai Lebaran di tengah maraknya wabah Virus Corona baru atau COVID-19. 

“Dengan adanya Corona Virus dan persiapan menuju Lebaran, pasti masyarakat mempertanyakan bagaimana kesiapan pemerintah? Tentu kita ingin memastikan bahwa stok beras aman,” kata Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peninjauan langsung ke gudang Bulog saat mengecek serta memastikan persediaan stok pangan di tengah merebaknya wabah Virus Corona, di Jakarta, Rabu, (3//3/2020)

Stok beras itu aman, baik untuk saat menghadapi wabah Virus Corona ataupun untuk Lebaran.

“Stok beras ini hampir 1,65 juta ton untuk seluruh Indonesia, apalagi nanti yang namanya rencana panen raya agak maju seperti biasanya,” tambahnya

Terkait berapa jumlah persis stok beras saat panen raya tiba, Menteri BUMN berharap angkanya dapat stabil.

“Mudah-mudahan juga angkanya stabil, tapi kita tidak bisa bilang persis angkanya berapa karena belum terjadi,” tuturnya.

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peninjauan langsung ke gudang Bulog pada Rabu (4/3), untuk mengecek serta memastikan persediaan stok pangan di tengah merebaknya wabah Virus Corona.

Dalam kunjungan tersebut Menteri BUMN itu mengecek persediaan stok beras dan memeriksa kualitas beras yang tersimpan di gudang Bulog tersebut.

Direktur Utama Bulog yakni Budi Waseso beserta jajarannya turut mendampingi Erick Thohir saat mengecek stok dan kualitas beras di gudang Bulog tersebut.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN pangan dan pupuk untuk menjaga stok dan distribusi menyusul wabah virus corona masuk ke Indonesia.

“BUMN pangan, agar mempertahankan ketersediaan stok pangan dan bahan pokok,” tegasnya.

Erick menambahkan bahwa dirinya menginstruksikan kepada BUMN pangan untuk mempertahankan distribusi pangan dan bahan pokok selama wabah corona masih terjadi.

Menteri BUMN juga menginstruksikan BUMN pupuk untuk menjaga stok dan distribusi pupuk kepada petani.

“BUMN Pupuk, agar menjaga ketersediaan stok dan penyalurannya kepada para petani,” kata Erick.

Perintah Menteri BUMN tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nokor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Surat Edaran tersebut ditandatangani dan diterbitkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Selasa (3/3).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menjamin kebutuhan pokok dan obat-obatan untuk memenuhi permintaan domestik atau dalam negeri memadai. Presiden menegaskan telah mengecek langsung ketersediaan bahan makanan pokok ke Bulog dan ke sektor swasta melalui Aprindo.

Presiden juga menginstruksikan Kapolri agar menindak tegas oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum seperti sekarang ini untuk mengambil keuntungan.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta masyarakat tidak bersikap “panic buying” atau belanja secara berlebihan untuk menyimpan stok menyusul pengumuman resmi dari pemerintah terkait dua WNI yang terjangkit virus Covid-19 di Indonesia. Mendag Agus menjelaskan bahwa pemerintah menjamin ketersediaan pasokan barang, khususnya bahan pokok bahkan sampai menjelang Idul Fitri pada Mei mendatang. ***

Don't Miss

Charming Pharmacy Retail Lepas Saham ECI Senilai Rp40,08 Miliar

JAKARTA-Kepala Bidang Hukum dan Sekretaris Perusahaan PT Erajaya Swasembada Tbk

Romo Magnis: Saat Ini Indonesia Berada Dalam Situasi Genting  

JAKARTA–Pengajar Filsafat dan Etika, Franz Magnis Suseno yang akrab disapa