Cadangan Devisa Juni 2024 Meningkat 0,86% Jadi US$140,2 Miliar

Friday 5 Jul 2024, 1 : 13 pm
cadangan devisa
Ilustrasi Cadangan Devisa

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2024 tercatat sebesar US$140,2 miliar. Angka ini meningkat 0,86% dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2024 sebesar US$139 miliar.

Erwin Haryono, Asisten Gubernur BI Bidang Departemen Komunikasi mengemukakan, kenaikan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, di tengah kebutuhan stabilisasi nilai tukar Rupiah sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

“Posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2024 setara dengan pembiayaan 6,3 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga :  Wahidin Segera Bangkitkan UKM Banten

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (05/7/2024).

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai sehingga dapat terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

Prospek ekspor yang tetap positif serta neraca transaksi modal dan finansial yang diprakirakan tetap mencatatkan surplus sejalan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi yang menarik, mendukung tetap terjaganya ketahanan eksternal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Harga Tiket Pesawat di Aplikasi Online Tak Wajar, Kemenhub Lakukan Langkah Ini!

JAKARTA-Publik tengah ramai membicarakan mahalnya harga tiket penumpang untuk rute-rute

Korindo Group Berikan Beasiswa Bagi 30 Mahasiswa Berprestasi

JAKARTA-Korindo Group melalui Yayasan Korindo sejak tahun 1998 sudah mendistribusikan