Cadev Agustus 2015 Kembali Menyusut

Monday 7 Sep 2015, 5 : 11 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Posisi cadangan devisa (Cadev) Indonesia akhir Agustus 2015 tercatat sebesar US$105,3 miliar, lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2015 sebesar US$107,6 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara mengatakan menyusutnya Cadev isebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri Pemerintah serta penggunaan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya. Hal tersebut sejalan dengan komitmen BI yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. “Di sisi lain, kenaikan penerimaan devisa yang terutama bersumber dari penerbitan Samurai Bonds Pemerintah mampu menahan penurunan lebih lanjut,” ujarnya.

Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir Agustus 2015 masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. “BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Walikota Bekasi Tak Mau Larang Perayaan Maulid Nabi dan Warga yang Pulang Kampung, Asalkan …

BEKASI-Pemerintah pusat melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri memutuskan

80% Perusahaan Meningkat Pendapatannya dengan Berinvestasi di Internet

SINGAPURA-Sebuah organisasi layanan Tehnologi Informasi (TI), konsultasi, dan solusi bisnis