Cadev Agustus Diharapkan Ada Kenaikkan

Friday 8 Aug 2014, 4 : 41 pm
Gubernur BI, Agus Martowardoyo

JAKARTA-Kegiatan ekspor mineral selama Agustus 2014 diprediksi mengalami peningkatan, sehingga kondisi ini diharapkan mampu meningkatkan cadangan devisa bulan ini. 

“Mungkin (cadangan devisa hingga akhir Juli 2014) akan diumumkan sore ini. Nanti mulai bulan depan, saya yang akan mengumumkan,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (8/8).

Menurut Agus Marto, pihaknya menyambut baik perkembangan pada pekan kemarin, terkait terciptanya solusi mengenai ekspor mineral di masa mendatang.

“Bukan hanya freeport, tetapi ada lebih dari 100 kontrak karya sudah berhasil dilakukan renegosiasi,” ujar Agus Marto.

Sebagaimana diketahui, hingga akhir Juni 2014, BI mencatat nilai cadangan devisa sebesar US$107,7 miliar atau lebih tinggi dari realisasi pada sebulan sebelumnya yang hanya US$107 miliar.

Dia mengatakan, sejauh ini BI sudah melihat adanya ekspor mineral, sehingga kegiatan perdagangan internasional itu pun telah mampu menambah penerimaan negara.

“Jadi kami menyambut baik, karena itu akan memperbaiki kinerja ekspor kita. Kami melihat di 2014 perbaikan dari ekspor nonmigas dan juga ekspor sumber daya alam akan membaik,” paparnya.

Agus Marto menambahkan, pihaknya juga mengikuti bahwa dari Januari sampai Juni 2014 ada perbaikan ekspor nonmigas dibandingkan dengan setahun yang lalu.

“Kalau ekspor membaik, tentu kinerja transaksi berjalan juga bisa lebih baik. Memang (saat ini) tantangannya adalah bahan bakar minyak, karena impornya masih besar,” tutur Agus Marto.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Juni 2014 mencapai US$15,42 miliar atau meningkat 4 persen dibanding ekspor Mei 2014. Ekspor nonmigas Juni 2014 mencapai US$12,63 miliar atau naik 1,43 persen dibanding Mei 2014.

Pada Juni 2014, defisit sektor migas sebesar US$0,6 miliar, sedangkan sektor nonmigas mengalami surplus US$0,3 miliar. Sehingga, pada Juni 2014 neraca perdagangan Indonesia masih mencatatkan defisit senilai 0,3 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Transmart Diharapkan Dongkrak Ekonomi Kota Tangerang

TANGERANG-Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah terus meyakinkan para investor,

Laba Bersih 2021 Senilai Rp3 Juta, Besok ISAP Melantai Perdana di BEI

JAKARTA-PT Isra Presisi Indonesia Tbk (ISAP) berencana melakukan pencatatan perdana