Cadev Akhir November 2015 Sebesar US$100,2 Miliar

Monday 7 Dec 2015, 5 : 06 pm
by

JAKARTA-Posisi cadangan devisa Indonesia akhir November 2015 tercatat sebesar US$100,2 miliar, relatif sama dengan posisi akhir Oktober 2015 sebesar US$100,7 miliar. Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh penerimaan devisa, antara lain dari penerimaan migas dan penarikan pinjaman Pemerintah.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara menjelaskan, posisi cadangan devisa ini masih cukup untuk menutupi kebutuhan devisa, antara lain untuk pembayaran utang luar negeri Pemerintah serta penggunaan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

Menurutnya, dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir November 2015 masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. “BI a menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Peringati Haul Gus Dur, PKB Ingin Spirit Gus Dur Diteruskan

JAKARTA-DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun

KPU Kota Jakut Ambruradul, Pemilih Meninggal Masuk DPT

JAKARTA-Meski kinerja KPU DKI Jakarta dikritik, lembaga penyelenggara pesta demokrasi