Capai Progres 74%, Underpass Bandara Yogyakarta Telan Rp238 Miliar

Wednesday 21 Aug 2019, 4 : 12 pm

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyelesaian pembangunan underpass Bandara Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hingga pertengahan bulan Agustus 2019, progres konstruksi underpass sepanjang 1,3 km yang dibangun di bawah bandara tersebut mencapai 74,3% atau lebih cepat dari target yang direncanakan sebesar 63,9%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan underpass ini bertujuan agar akses Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta tetap terbuka karena pembangunan Bandara Kulonprogo memotong jalan Pansela yang lama.

“Underpass ini merupakan underpass terpanjang, bagian dari Jalan Nasional Pansela Jawa. Dalam pembangunannya, faktor keamanan harus betul-betul diperhatikan,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Pembangunan underpass dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan PT MCM sejak 2018 dan ditargetkan selesai 2019. Pekerjaan konstruksi utama underpass melingkupi pembangunan struktur underpass, penggalian tanah, dan pembuatan drainase.

Biaya pembangunannya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai Rp 293,18 miliar.

Underpass ini memiliki panjang keseluruhan 1,3 km yang terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Underpass memiliki lebar 7,85 meter, clearence atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Konstruksi underpass dilengkapi dengan fasilitas rumah pompa untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan. Dinding underpass akan dihiasi ornamen dengan tema kearifan lokal seperti motif batik khas Yogyakarta untuk menambah nilai estetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

FGSBM : Kebijakan Upah Padat Karya Menunjukkan Pemerintah Pro Investor

BEKASI-Serikat Buruh Mandiri mendesak Menteri Tenaga Kerja segera mengeluarkan Keputusan
Malahan Yusril berujar masih untung dirinya tidak dijuluki PKI oleh anak buah Agus Harimurti Yudhono (AHY) itu.

Dituduh Berpikir Hitler, Yusril: Masih Untung Saya Nggak Dicap PKI Oleh BKH

JAKARTA-Pakar Hukum Tata Negara yang juga Pengacara kondang Yusril Ihza