Cash Flow Capai Rp 45,1 Triliun, Asian Games Berdampak Positif Bagi Perekonomian

Bambang juga menambahkan, Indonesia bisa mendapatkan manfaat non ekonomi dari multievent. Contoh paling jelas digambarkan Korea Selatan (Korsel). Menjadi tuan rumah beberapa multievent, citra Korsel pun terangkat. “Korsel sukses mengangkat profil negara dan ekonominya melalui banyak event internasional,” kata Bambang lagi.

Serupa dengan Australia yang kerap jadi tuan rumah event level dunia. Salah satunya tuan rumah Olimpiade Musim Panas ke-27. Saat itu, ekonomi di New South Wales (NSW) ikut terangkat USD490 Juta. Dilihat dari present event, Olimpiade memberikan dampak bagi Australia hingga USD6,5 miliar. Terbukanya lapangan pekerjaan 5.300 di NSW, lalu 7.500 per tahun di Australia.

Income besar juga diterima London, Inggris, saat menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas ke-30, 2012 silam. Multievent ini memberikan efek perekonomian luar biasa karena penyumbang PDB hingga USD16,5 Miliar selama 12 tahun periode. Komposisinya 82% dari free event, lalu 12% melalui pariwisata. Spending langsung hanya 6%.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga optimis Indonesia menikmati dampak positif dari pelaksanaan Asian Games 2018.

“Event internasional ini selalu memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian. Ada banyak sektor yang akan terangkat. Efek positif jangka panjang tentu dirasakan oleh sektor pariwisata. Event ini menjadi peluang branding yang potensial. Jadi, keberlanjutan manfaat pascaevent ini akan terjaga,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.