Cegah COVID-19, Produsen Kembangkan Baja Ringan Antivirus

Senin 30 Mar 2020, 2 : 14 pm
Baja Ringan/Kompas.com

JAKARTA-Produsen baja ringan PT Tatalogam Lestari memproduksi baja ringan antivirus yang mampu meredam perkembangbiakan virus yang menempel pada logam, sebagai upaya mencegah dan meminimalisasi penyebaran COVID-19.

Pihaknya mengembangkan inovasi baja ringan antivirus sejak sebulan terakhir terinspirasi dari inovasi serupa yang pernah diterapkan saat Hong Kong dan China saat dilanda wabah SARS pada 2002-2004.

“Dari hasil uji laboratorium diketahui, baja ringan antivirus ini terbukti dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri berbahaya termasuk COVID-19 yang saat ini tengah mewabah,” kata Vice Presiden PT Tatalogam Lestari Stephanus Koeswandi kepada ANTARA di Jakarta, Senin, (30/3/2020).

Lebih jauh kata Stephanus mengatakan, baja ringan anti-virus yang diproduksi, menggunakan cairan anti-virus khusus yang dapat menutup pori-pori baja sehingga virus tidak dapat berkembang biak di permukaannya.

“COVID-19 bisa hidup pada permukaan logam hingga 72 jam bahkan bisa lebih. Ini karena celah pori-pori benda tersebut jadi tempat hinggap bakteri dan virus. Virus membelah diri dan bisa bertahan lama. Kami berinovasi setiap tahun dan kali ini kami mengembangkan satu produk baja ringan anti-virus yaitu Nexalume Antivirus dan Sakura Truss Avico,” kata Stephanus.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aksi Bela Rocky Gerung Harus Pakai Akal Sehat

Memalukan, Paman Gibran Masih Pakai Mobil Dinas RI 9, Padahal Bukan Ketua MK

JAKARTA -Hakim Konstitusi Anwar Usman, diduga masih efektif menguasai Lembaga

Pansus BLBI DPD RI Jilid 2 Targetkan Pidanakan Obligor BLBI

JAKARTA-DPD RI kembali membentuk Panitia Khusus (Pansus) Bantuan Likuiditas Bank