CIMB Niaga Raih Banking Efficiency Award 2013

JAKARTA-CIMB Niaga berhasil meraih penghargaan Banking Efficiency Award 2013 untuk kategori Bank Umum Devisa. Sejumlah indikator, dijadikan penilaian oleh tim juri dalam mengukur tingkat kinerja perbankan, seperti indikator rasio kredit bermasalah yang dibawah 5 persen, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) yang berkisar 12 persen-25 persen, fungsi intermediasi atau loan deposit ratio (LDR) antara 65 persen-110 persen dan rasio beban operasional pendapatan operasional (BOPO) maksimal 85 persen.

Direktur Treasury & Capital Market CIMB Niaga M Fadzil mengungkapkan, penghargaan ini menjadi pengakuan bagi karyawan/ti CIMB Niaga. Karena berkat kerja keras seluruh karyawan/ti, penghargaan ini berhasil diraih CIMB Niaga. “Penghargaan ini tidak akan membuat kami terlena, namun justru akan menjadi pemacu semangat kami untuk bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Fadzil dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (2/6).

Fadzil menambahkan, CIMB Niaga akan terus berkembang dan meningkatkan pertumbuhan bisnisnya dengan terus berinovasi serta meluncurkan sejumlah produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah “Langkah ini sejalan dengan pengembangan bisnis dan komitmen CIMB Niaga untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya nasabah CIMB Niaga,” kata Fadzil.

Pengembangan bisnis yang dilakukan CIMB Niaga, lanjut Fadzil, tentunya juga akan dilakukan bersamaan dengan penerapan efisiensi di setiap lini bisnis CIMB Niaga. Dan hal ini dilakukan tanpa melupakan efektifitas produksi.

Salah satu bentuk efisiensi tersebut antara lain melalui pengembangan layanan branchless banking-nya. CIMB Niaga mempunyai beragam jalur distribusi elektronik yang bisa dimanfaatkan masyarakat yaitu CIMB Clicks (internet banking), Go Mobile (mobile banking), Phone Banking 14041 dan 500 800, serta ATM. Akhir Maret 2013 lalu CIMB Niaga juga telah mengembangkan inovasi terbaru layanan perbankan di Indonesia, yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel, melalui produk “Rekening Ponsel”.

Melalui Rekening Ponsel, masyarakat bisa melakukan sejumlah transaksi perbankan seperti transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, hingga menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM. Rekening Ponsel bahkan telah diakui MURI produk mobile wallet pertama di Asia, yang bisa melakukan transfer ke semua nomor ponsel.

Selain “Rekening Ponsel”, Fadzil menambahkan, inovasi terbaru CIMB Niaga dalam layanan branchless banking adalah Digital Lounge. Dilengkapi dengan teknologi terkini, Digital Lounge menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan perbankan, dari mesin ATM model terbaru, mesin setor tunai, hingga layanan video banking dengan layar sentuh untuk bertransaksi serta layar besar yang menampilkan video banking agent/petugas bank secara live. “Semua kami hadirkan untuk membantu nasabah dalam melakukan seluruh transaksi perbankannya,” tutup Fadzil.