Commonwealth Life Luncurkan Aplikasi Selular Kalkulator

President Director Commonwealth Life Simmon Bennet, Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti S. Soetiono dan Perencana Keuangan Independen Tri Djoko Santoso saat peluncuran The New Financial Calculator dari Commonwealth Life (26/11).

JAKARTA-Commonwealth Life meluncurkan kalkulator finansial versi terbaru dengan menyediakan fitur fasilitas keuangan yang mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kalkulator finansial ini akan membantu yang memungkinkan siapa saja untuk merencanakan dan memahami tujuan serta kebutuhan finansial mereka sehingga dapat menyesuaikan dengan profil kehidupan mereka.  Fasilitas ini  dapat dibuka melalui komputer, smartphone dan tablet berbasis sistem operasi Android maupun iOs, yang sangat mudah diakses kapanpun dan dimana saja . “Dengan fasilitas kalkulator finansial ini, kami berharap dapat mengajak dan menjangkau lebih banyak orang,” ujar President Director Commonwealth Life, Simon Bennet di Jakarta, Kamis (26/11).

Menurut Simon, peluncuran fasilitas kalkulator finansial ini merupakan bagian dari langkah strategis Commonwealth Life, yang merupakan bagian dari grup Commonwealth Bank Australia (CBA) di Indonesia, guna menjangkau masyarakat yang lebih luas dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perencanaan keuangan.

Untuk itu, Commonwealth Life menyediakan fitur yang praktis bagi masyarakat termasuk pengguna awam yang tidak memiliki latar belakang atau pengetahuan mengenai perencanaan keuangan, serta cara mengkalkulasi dan memulai sendiri target perencanaan finansialnya baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang dengan mudah.

Namun demikian jelas Simon, fasilitas ini tidak bertujuan untuk menggantikan peran dari profesi perencana keuangan professional. Tetapi fasilitas kalkulator finansial ini merupakan bentuk komitmen Commonwealth Life melindungi dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia. “Seperti yang kita semua ketahui adalah penting untuk memulai merencanakan keuangan sedini mungkin, tapi sayangnya hanya segelintir orang saja yang melakukannya, sebagian besar dari masyarakat kita tidak memahami harus memulainya dari mana,” tambahnya.

Sementara itu, Alternative Distribution Channel Director Commonwealth Life, Pieter Wattimena mengatakan kalkulator finansial Commonwealth Life juga dilengkapi dengan 3 aspek perencanaan keuangan yakni untuk memahami mengenai perencanaan keuangan untuk pendidikan, masa depan, dan pensiun. Dalam proses penghitungan jumlah dana yang diinginkan, fitur kalkulator finansial juga menginformasikan kepada pengguna tentang atribut perencanaan keuangan, seperti istilah-istilah mengenai tipe investasi, profil risiko, dan juga memberikan saran mengenai produk investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan pengguna. “Melihat tren pertumbuhan pengguna internet dan smartphone yang signifikan di Indonesia, yang mencapai mencapai 78 persen. Kami paham betul akan perkembangan akses informasi yang lebih mudah mengenai perencanaan keuangan seperti kalkulator finansial ini, terutama bagi generasi millennial. Dengan menyediakan aplikasi smartphone dan menambahkan fitur yang memudahkan pengguna untuk sharing mengenai informasi ini di media sosial mereka,” tutur Pieter.