Consumer Banking Harus Rebut Ceruk Pasar Sektor Konsumsi

Thursday 28 Nov 2019, 7 : 19 pm
by
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara

JAKARTA-Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyatakan consumer banking harus mampu memanfaatkan peluang dengan ceruk pasar konsumsi rumah tangga sebesar lebih dari 57% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Sektor perbankan Indonesia masih tumbuh 6,3% (di atas pertumbuhan rata-rata nasional).

Hal itu merupakan prestasi mengingat melambatnya pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan hanya akan tumbuh rata-rata 3% oleh prediksi IMF dan Bank Dunia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini ditopang oleh (mayoritas) pertumbuhan ekonomi domestik. Yang paling besar adalah dari konsumsi. Di quarter 3 (Tahun 2019), (pertumbuhan ekonomi) sebesar 5,02%, konsumsi menyumbang 1,83%. Bahkan 57% dari PDB Indonesia adalah konsumsi rumah tangga. (Lebih rinci) sektor banking tumbuh sekitar 6,3%,” jelas Suahasil Nazara pada acara Seminar Nasional: The 3rd Consumer Banking Forum dengan tema “The Truth of Economic Turmoil & Geopolitical Uncertainties in 2019: Arah Kebijakan Ekonomi 5 Tahun Mendatang di Tengah Paradigma Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menuju Ekonomi Kreatif dan Inovatif” di Le Meridien Hotel, Jakarta, Rabu (27/11).

Baca juga :  Kuartal I-2023, Laba Bersih AGII Anjlok 6,8% Jadi Rp41,4 Miliar

Lebih lanjut Wamenkeu menjelaskan bahwa saat ini indikator-indikator ekonomi menunjukkan daya beli masyarakat masih cukup baik dan stabil. Misalnya inflasi terjaga sekitar 3% sejak 2015, trend kemiskinan dan pengangguran terus turun dalam 10 tahun terakhir. Tiga hal ini menunjukkan masyarakat secara umum memiliki kemampuan daya beli (konsumsi).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BSI Maslahat Kembali Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp 100 Juta

JAKARTA – BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan

Tutup Toko Sementara, IKEA Penuhi Seluruh Ketentuan Protokol PSBB

TANGERANG-PT Hero Supermarket Tbk, Divisi IKEA mengumumkan IKEA Alam Sutera