CORE: Tren Turun Penyaluran Kredit Berlanjut Hingga Akhir 2020

Thursday 2 Jul 2020, 4 : 51 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Ekonom CORE Indonesia, Piter Abdullah memperkirakan, penyaluran kredit yang berada dalam tren melambat sejak Kuartal I-2020 akan berlanjut sampai akhir tahun ini, meski tingkat pertumbuhannya diperkirakan masih tetap positif.

“Kontraksi ekonomi pada tahun ini yang disebabkan kondisi pandemi Covid-19 telah memicu perlambatan penyaluran kredit yang dibayangi pula oleh peningkatan rasio NPL (kredit bermasalah),” kata Piter di Jakarta, Kamis (2/7) dalam diskusi “Infobank & The Chief Economist Forum: Kesehatan Bank dan Rumors Negatif di Tengah Pandemi”.

Namun, jelas dia, hingga paruh kedua tahun ini tingkat kesehatan industri perbankan tetap terjaga dan kondisi likuiditas masih memadai.

Bahkan, kata Piter, data hingga akhir Mei 2020 menunjukkan adanya peningkatan jumlah dana pihak ketiga (DPK) di perbankan.

Baca juga :  Kebijakan Fiskal Fleksibel Hadapi Pandemi

“Ini menandakan masyarakat tetap percaya pada bank,” tegasnya.

Piter mengungkapkan, perlambatan pertumbuhan kredit dan peningkatan NPL tidak terlepas dari keterbatasan aktivitas sosial dan ekonomi yang merespons kondisi pandemi Covid-19, terlebih lagi ketika pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

“Maka kegiatan berusaha sektor riil menjadi terbatas dan mengakibatkan terganggunya cash flow para pelaku usaha. Cash inflow mereka menjadi terbatas, namun cash outflow mereka tetap berjalan akibat pengeluaran biaya rutin, seperti sewa tempat usaha dan tagihan listrik,” papar Piter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Menguak Keampuhan Terapi Doa

Judul: Terapi Doa Penulis: Dr. Joseph Murphy Penerjemah: Slamat P.

OJK Minta Bank Tingkatkan Keamanan Dana Nasabah

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan berbagai langkah kebijakan sebagai