Dampak Corona, Perlu Cermati Kinerja Negara Mitra Indonesia

Wednesday 11 Mar 2020, 5 : 32 pm
SNI juga dapat menjadi nilai tambah dan memberikan kekuatan suatu produk untuk menembus pasar ekspor.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakart)a, Senin (2/3

CIKARANG-Indonesia merasa perlu mencermati dampak mewabahnya Virus Corona baru (Covid-19)terhadap negara-negara mitra industri manufaktur sehingga dapat mengantisipasinya. “Kita harus cermati, seperti apa Amerika Serikat, Jerman, yang daya beli masyarakatnya besar, Uni Eropa seperti apa, itu harus kita cermati sebagai mitra ekonomi kita di bidang industri manufaktur,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Cikarang, Bekasi, Rabu, (11/3/2020).

Menperin berharap di negara-negara yang punya kontribusi besar terhadap manufaktur Indonesia tidak terdampak COVID-19 seperti yang terjadi pada China. “Karena kita lihat dampak yang dirasakan China memberikan pengaruh bagi kita semua, termasuk Indonesia,” ujar Menperin.

Untuk itu, lanjut dia, Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan stimulus terkait tekanan ekonomi global akibat Corona yang dilihat belum akan selesai dalam waktu dekat. “Ini mau dirapatkan. Indonesia harus mengambil kebijakan-kebijakan untuk bisa kita antisipasi,” tukas Menperin.

Kendati demikian, Agus mengaku sedikit lega karena beberapa industri di China, terutama di luar Wuhan, sudah mulai kembali melakukan proses produksi. “Sudah 60-70 persen kembali melakukan proses produksi. Tapi, menurut pandangan saya tidak akan berdampak yang luar biasa, akan sia sia kalau belahan dunia lainnya ikut terdampak, oleh karena itu perlu dicermati,” pungkas Agus.

sumber: Antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

EXCL dan Cisco Bakal Siapkan Jaringan 5G dan Cloud untuk IoT

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Cisco (Nasdaq: CSCO) memutuskan

Padam 10 Jam, Saatnya Indonesia Punya PLTN

JAKARTA-Padamnya listrik selama delapan jam lebih di Ibu Kota Jakarta,