Danamon Catat Laba Bersih Setelah Pajak Rp 3 triliun

Thursday 17 Oct 2013, 7 : 16 pm
by

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk mencatat laba bersih setelah pajak (NPAT) konsolidasi pada kuartal III-2013 sebesar Rp 3 triliun atau meningkat dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,99 triliun. Laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan bunga bersih yang naik 5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp 10,1 triliun. “Di tengah adanya tekanan inflasi dan mata uang yang melemah, pondasi perekonomian Indonesia yang kuat memungkinkan iklim usaha yang kondusif. Hal ini menciptakan kinerja yang baik bagi industri perbankan dan kondisi ini mendorong Danamon untuk mempertahankan pertumbuhan yang positif pada sembilan bulan terakhir,” kata Direktur Utama Danamon Henry Ho, di Jakarta, Kamis (17/10).

Sementara, kata dia pendapatan non bunga (fee income) tumbuh 12% menjadi Rp 3,7 triliun. Danamon membukukan pertumbuhan kredit sebesar 14% menjadi Rp 129 triliun pada September 2013. Pertumbuhan kredit yang positif ini didukung oleh pertumbuhan kredit di segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar 14%. Kredit UMKM mencakup 31% dari total portofolio kredit Danamon. Pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance mencatatkan pertumbuhan sebesar 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sejalan dengan tanda-tanda pemulihan pada industri otomotif setelah periode penyesuaian terhadap dampak dari regulasi Down Payment. Kredit kepada segmen komersial tumbuh sebesar 27% pada kuartal ketiga tahun 2013 dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 14,8 triliun, sementara kredit ke segmen korporasi membukukan pertumbuhan sebesar 29% menjadi Rp 14,3 triliun.

Kredit Danamon ke segmen usaha mikro melalui Danamon Simpan Pinjam tumbuh sebesar 8% menjadi Rp 19,8 triliun pada kuartal ketiga tahun 2013 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kredit ke segmen Usaha Kecil Menegah tumbuh 21% menjadi Rp 20,2 triliun. Secara total, kredit mikro dan UKM berkontribusi 31% terhadap total kredit Danamon. Kredit kepada segmen komersial tumbuh 27% pada kuartal ketiga tahun 2013 menjadi Rp 14,8 triliun. Kredit ke segmen Korporasi tumbuh 29% menjadi Rp 14,3 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kuartal I- 2013 , Bank Danamon Bukukan Laba Bersih Rp 1 T

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk membukukan laba bersih setelah pajak
Darmawan Junaidi

Bank Mandiri Rombak Direksi dan Komisaris, Begini Komposisinya

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri menyetujui perubahan