Danamon Dapat Kucuran Kredit US$ 75 juta dari IFC

Tuesday 19 Nov 2013, 6 : 27 pm
by

JAKARTA-International Finance Corporation (IFC) anggota kelompok Bank Dunia, menandatangani kesepakatan investasi hingga US$ 75 juta dengan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Investasi ini akan membiayai pinjaman dan membantu dalam penciptaan peluang usaha bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang merupakan segmen penting bagi pertumbuhan ekonomi negara ini tetapi masih memiliki akses yang terbatas pada layanan keuangan.

Dalam sektor UKM di Indonesia, terdapat hampir 55 juta unit, namun hanya 30 persen yang memiliki akses ke layanan keuangan. Investasi IFC ini akan membantu mendukung pertumbuhannya dengan peningkatan layanan keuangan dan perbankan yang berbasis pada UKM secara ekstensif serta melalui jangkauan geografis Danamon yang luas termasuk kepada wilayah terpencil di Indonesia Timur. “Kami merasa sangat yakin bahwa kemitraan jangka panjang ini membuktikan bagaimana Danamon dan IFC memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, “ ujar Direktur Utama Danamon, Henry Ho, di Jakarta, Selasa (19/11).

“Indonesia memiliki 55 juta UKM yang mampu menyediakan hingga 15 juta lapangan kerja sehingga kemitraan ini pun akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia sejalan dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan,” jelas dia.

Ini merupakan investasi IFC yang kedua pada Danamon, setelah IFC memberikan pinjaman senilai US$ 150 juta untuk mendanai sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun 2006. Pinjaman ini menegaskan komitmen bersama Danamon dan IFC dalam meningkatkan akses pada layanan keuangan bagi pelaku UMKM dan memperkuat gerakan keuangan inklusif. “Pinjaman bagi sektor UKM memainkan peran penting dalam pengentasan kemiskinan, “ ujar Sarvesh Suri, Country Manager IFC untuk Indonesia. “Danamon memiliki jangkauan yang signifikan pada sektor UKM dan investasi kami akan mendukung perkembangan UKM di Indonesia secara lebih jauh lagi.”

Investasi ini sejalan dengan strategi IFC di Indonesia untuk memperkuat kemampuan lembaga keuangan untuk dapat lebih baik lagi melayani UKM dan meningkatkan lapangan pekerjaan di lembaga-lembaga yang memiliki visi yang kuat yang mampu meningkatkan dan menjawab beragam tuntutan yang belum terpenuhi. “Kami sangat bangga atas kemitraan strategis dengan IFC ini dan kami yakin bahwa sektor UKM di Indonesia akan memperoleh manfaat dari peningkatan akses terhadap layanan keuangan,” ujar Direktur Treasury, Capital Markets, Financial Institutions and Transaction Banking di Danamon, Pradip Chhadva.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

minat Jepang terhadap produk UMKM olahan ini sangat tinggi

Jepang Minati Produk UMKM Olahan Umbi Indonesia

JAKARTA-Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggencarkan upaya meningkatkan produksi dan kualitas

Pendapatan Sewa Kamar Naik 25,84%, EAST Raup Laba di 2023 Sebesar Rp38,44 MiliaR

JAKARTA-PT Eastparc Hotel Tbk (EAST) sepanjang 2023, membukukan laba tahun