Desainer Muda, Lokomotif Industri Kreatif

Wednesday 10 Jun 2015, 10 : 29 pm
by
Menperin, Saleh Husin di sentra tenun Lombok, NTB, Jumat (5/6).

JAKARTA-Kiprah para desainer muda diakui menjadi salah satu pendorong utama pengembangan produk kerajinan di Tanah Air. Bekal interaksi dengan dunia luar dan pendidikan membuat mereka terbuka pada ide-ide baru. “Jadi perpaduan usia muda, kreativitas dan kesempatan membuat desainer muda mampu menciptakan kreasi baru. Mereka jadi lokomotif di kerajinan, furnitur hingga desain interior,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin usai hadir pada pembukaan pameran iCraft di JCC, Jakarta, Rabu (10/6).

Pameran yang dihelat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) tersebut merupakan ajang menggelar karya produk interior dan industri kreatif Indonesia berbasis kriya. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka secara resmi pameran yang berlangsung hingga hari Minggu (14/6).

Menperin menyebutkan, perlunya mempersiapkan generasi selanjutnya dari para desainer muda saat ini. Selain itu, industri kreatif bakal terus didorong karena sarat potensi menembus pasar dalam negeri maupun ekspor. Apalagi, imbuhnya, bahan baku industri furnitur dan kerajinan mencapai  100 persen. “Industri kreatif itu multi-impact. Menciptakan lapangan kerja terlatih dan terdidik, mendongkrak nilai tambah dari bahan mentah hingga dijual dalam dollar untuk ekspor,” ujarnya.

Lebih lanjut, tiap daerah diharapkan memacu masing-masing produk yang diunggulkan. Termasuk modifikasi motif lokal yang diyakini meningkatkan keunikan masing-masing produk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Tridomain Pertormance Merugi US$7,83 Juta pada 2023

JAKARTA-Kinerja keuangan PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM) cenderung turun.

PT Ingram Micro Indonesia Ditunjuk Sebagai Distributor  Rangkaian Solusi Red Hat di Indonesia

JAKARTA- PT Ingram Micro Indonesia mengumumkan penandatanganan perjanjian distribusi dengan Red