Dihadiri Iwan Fals, Ratusan Napi Gelar Pentas Seni di TIM

Sunday 22 Apr 2018, 2 : 22 pm
by
Musisi papan atas Indonesia, Iwan Fals turut memeriahkan acara Indonesia Prison Art Festival (IPAFest) 2018

JAKARTA-Sekitar 450 narapidana dari 36 Lapas/Rutan se-Indonesia akan tampil pada ajang Indonesia Prison Art Festival (IPAFest) 2018 yang digelar pada 23-24 April 2018 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Tak hanya menampilkan karya narapidana, IPAFest 2018 juga merupakan festival seni narapidana pertama di dunia.

Selain penampilan narapidana dari seluruh Indonesia, sejumlah tokoh dan public figure juga tampil memeriahkan IPAFest 2018, yakni Iwan Fals dan Cak Lontong dalam Talkshow “Kami Berkarya Maka Kami Ada”, Saykoji, serta kolaborasi JRX “SID”, Robby “Geisha”, dan Sandrina Malakiano dengan Antrabez Band dari Lapas Kerobokan.

IPAFest 2018 diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) sebagai puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54. Mengusung tema “Bhinneka Tunggal Ika”, IPAFest 2018 merupakan hasil pembinaan kepribadian kemandirian dengan balutan seni budaya yang disuguhkan oleh narapidana dari seluruh nusantara.

“Insya Allah even spektakuler ini akan dibuka oleh bapak Menkopolhukam, senin malam (23/4)” ujar Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, Minggu (22/4).

“Sejatinya inilah wujud nyata dari reintegrasi sosial bagi narapidana, yaitu menghadirkan mereka ditengah tengah masyarakat,” imbuh Utami.

Drama Musikal bertajuk “Merah Putih Narapidana, Kami Berkarya Maka Kami Ada” menjadi sajian utama IPAFest 2018 yang menyiratkan makna bahwa narapidana tetap warga negara Indonesia yang cinta merah putih serta memiliki semangat untuk menjadi warga negara yang diakui eksistensinya.

Rangkaian acara IPAFest 2018 lainnya meliputi Teater, Seni Musik, Seni Tari, Pameran Hasil Karya Narapidana, Pameran Lukisan, Pameran Arsip dan Museum Pemasyarakatan, Pameran Fotografi, Talkshow, serta Festival Kuliner. Setiap harinya acara akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Selain kaya akan seni dan budayanya, Indonesia juga terkenal akan keanekaragaman kulinernya. Sebanyak 33 stand kuliner karya narapidana akan menyajikan makanan dan minuman khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Pengunjung dapat menikmati sajian kuliner seraya menikmati berbagai pertunjukan seni yang disajikan oleh narapidana di outdoor stage.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Buat Modal Kerja, Panca Mitra Multiperdana Gelar Right Issue Rp79 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) berencana melakukan penawaran
Menko Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto menyempatkan diri bertemu dengan salah satu legenda sepak bola dunia Ronaldinho, Senin (27/6/2022)Menko Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto menyempatkan diri bertemu dengan salah satu legenda sepak bola dunia Ronaldinho, Senin (27/6/2022)

Piala Dunia U-20 Bisa Jadi Ajang Pembuktian Pengembangan Industri Olahraga

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen pemerintah Indonesia