Dino Patti Djalal Beri Kuliah Umum di UPI

Monday 16 Sep 2013, 8 : 14 pm
by

BANDUNG-Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dr. Dino Patti Djalal, memberikan kuliah umum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung Senin (16/9). Dalam kuliah umum berjudul ‘ Indonesia unggul di abad ke 21’, Dubes Dino memberikan pemaparan mengenai kiat-kiat menjadi bangsa yang unggul di tengah persaingan di abad ke 21 yang semakin kompetitif maupun profil Indonesia yang semakin baik di dunia internasional. Kuliah umum ini dihadiri oleh rektor, para mahasiswa dan seluruh civitas akademika  UPI.

Dino berbagi pengalaman kepada generasi muda mengenai pentingnya mengembangkan skill ‘forward analysis” yaitu analisis yang mengarah ke depan untuk menentukan strategi dan solusi penyelesaian masalah. Hal ini penting karena selama ini di Universitas hanya mempelajari backward analysis, yaitu analisa mengenai apa yang sudah terjadi masa lalu dan bukan memprediksi masa depan.

Menurut Dino, generasi muda masa kini dihadapkan pada keharusan untuk mengembangkan potensi diri (skills) untuk menghadapi “jobs war” secara global. Sebab saat ini, terjadi persaingan yang sangat ketat dalam dunia kerja sebagai akibat dari supply dan demand yang tidak seimbang antara pencari kerja dan dunia kerja. 

Karena itu kata dia, untuk menjadi bangsa yang unggul,  Indonesia harus mempunyai sifat “grit” (kegigihan) apabila menghadapi tantangan dan hambatan. Selain itu, juga dituntut merubah mindset menjadi nasionalis unggul, yang mempunyai semangat internasionalis dan siap menghadapi serta memanfaatkan globalisasi. “Oleh karena itu, diperlukan pemimpin yang memiliki visi unggul di bidang pendidikan dan inovasi,” jelas dia.

Sebelum memberikan kuliah umum, Dino juga melakukan diskusi dan tukar pikiran dengan Rektor UPI dan jajarannya mengenai perkembangan pendidikan nasional, tantangan dan peluang ke depan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down

Pemegang Saham Setujui PBRX Bayar Utang Melalui Penerbitan Bonds

JAKARTA-PT Pan Brothers Tbk (PBRX) melaporkan bahwa para pemegang saham

KOPITU Gandeng Kemendagri, Perkuat UMKM Melalui Program Sister City

JAKARTA- Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) bersinergi