Direktur Keuangan BNI Syariah Raih Indonesia Best CFO Award 2019

BNI Syariah
Pemimpin Divisi Keuangan BNI Syariah, Friyandana Wijaya menerima penghargaan untuk Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto sebagai Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah Swa di di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (28/8).

JAKARTA-BNI Syariah meraih penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 oleh Majalah Swa. Penghargaan Chief Financial Officer (CFO) ini merupakan kali pertama diperoleh BNI Syariah.

Hadir menerima penghargaan Pemimpin Divisi Keuangan BNI Syariah, Friyandana Wijaya. Penghargaan ini berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (28/8).

Wahyu Avianto mengatakan dalam tiga tahun terakhir, BNI Syariah mampu menunjukkan kinerja yang positif. Sampai kuartal 2 2019 membukukan aset sebesar Rp42,49 triliun dan laba bersih sebesar Rp315,27 miliar. Selain itu pembiayaan BNI Syariah sampai kuartal 2 2019 sebesar Rp31,66 triliun, tumbuh 26,03% secara tahunan atau year on year (yoy).

“Untuk mengoptimalkan kinerja, kami telah menjalankan lima strategi utama,” kata Wahyu.

Baca :  Jaga Rupiah, Cadangan Devisa Melorot

Lima strategi ini adalah pengelolaan portofolio pembiayaan yang memastikan optimalisasi tingkat return dan kesehatan permodalan; pengelolaan portofolio dana pihak ketiga (DPK) untuk mengoptimalkan profitabilitas dengan menjaga likuiditas; menjaga kualitas pembiayaan untuk menekan beban cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN); meningkatkan pendapatan recovery dan melakukan efisiensi beban operasional.

Selain lima strategi ini, BNI Syariah juga melakukan respon untuk menghadapi era digital 4.0 diantaranya adalah pengembangan IT dan kapabilitas digital; penyiapan SDM; dan penguatan modal.

Menurut Wahyu, peran direktur keuangan adalah mencapai Quality Earning & Sustainability perusahaan melalui stakeholder management. Artinya, kinerja perusahaan harus mampu memberikan value pada segenap stake-holder secara seimbang, yakni kepada pemegang saham, masyarakat, pegawai dan lingkungan.

Baca :  BI Resmikan BISILK

Dengan prinsip tersebut, BNI Syariah bisa mencetak kinerja yang berkualitas, di mana CAGR (Compund Annual Growth Rate) beberapa indikator kinerja dalam 6 tahun terakhir (2013-2018) lebih baik dibanding industri perbankan syariah.

Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 merupakan apresiasi yang diberikan kepada para direktur keuangan untuk mendukung pengembangan para profesional di bidang keuangan dalam peran strategis mengembangkan perusahaan di Indonesia menjadi lebih kokoh, besar dan kompetitif.

Penghargaan ini diikuti oleh sejumlah direktur keuangan dari perusahaan di Indonesia maupun multinasional. Ada empat kriteria yang menjadi penilaian diantaranya kejelasan direktur keuangan dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi perusahaan; strategi dan terobosan direktur keuangan untuk mencapai sasaran perusahaan; hasil yang dicapai dan kecakapan dalam presentasi.

Baca :  BNI Raih Penghargaan The Best Companies 2014 SRI-Kehati Index