Ditjen Pajak Ajak Pelaku UMKM Jadi Pahlawan Pajak

Thursday 10 Nov 2016, 9 : 08 pm
by
Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Harta Indra Tarigan/photo okezone.com

JAKARTA-Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Timur, Harta Indra Tarigan mengajak seluruh pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) untuk memanfaatkan Amnesti Pajak dan menjadi pahlawan pajak bagi pembangunan Indonesia yang lebih baik. Hal ini disampaikannya saat melakukan sosialisasi Amnesti Pajak kepada para pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (10/11).

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur ini dihadiri juga oleh Direktur Utama PD Pasar Jaya dan Manajer UPB Pasar Induk Kramat Jati.

Dalam kesempatan ini, Tarigan mengingatkan manfaat Amnesti Pajak bagi seluruh pelaku UMKM khususnya tarif yang sangat rendah hanya 0.5% bagi mereka dengan nilai harta di bawah Rp10 miliar dan 2% bagi yang mengungkapkan harta di atas Rp10 miliar.

Dengan mengikuti program ini, Wajib Pajak dibebaskan dari seluruh kesalahan perpajakan di masa lalu dan dapat memulai kembali sebagai Wajib Pajak yang patuh dan taat pajak. Sebaliknya ada risiko besar bagi Wajib Pajak yang memiliki kekurangan perpajakan namun menolak memanfaatkan Amnesti Pajak. “Tarif rendah UMKM ini berlaku hingga akhir program Amnesti Pajak pada 31 Maret 2017,” ujarnya.

Hingga hari ini jumlah penerimaan dari Amnesti Pajak mencapai Rp98.2 triliun dengan harta yang diungkapkan sebesar Rp3.906 triliun. Di wilayah Jakarta Timur sendiri, 13.504 Wajib Pajak sudah mengikuti program ini dan membayar total Rp1.8 triliun uang tebusan.

Ditjen Pajak akan akan terus menjaga momentum Amnesti Pajak untuk memperluas basis perpajakan dan mendukung penerimaan pajak tahun 2016.  Masyarakat/Wajib Pajak yang ingin mengetahui lebih lanjut dapat mengunjungi laman www.pajak.go.id/amnestipajak atau hubungi Kring Pajak 1500200 atau hotline Amnesti Pajak di 1500745 atau Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PII Indonesia Kembali Menurun

JAKARTA-Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia mencatat net kewajiban sebesar USD321,0

Indonesia Masuk 10 Besar Dunia, Negara Industri Bernilai Tambah Tinggi

JAKARTA-Indonesia masih berpeluang besar memacu daya saing sektor industri di