Dollar Index Melemah Tipis

Friday 22 Nov 2013, 10 : 09 am
by
ilustrasi

JAKARTA-Analis PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih mengatakan data Jobless Claims AS diumumkan lebih rendah dari harapan pasar, menandakan kinerja pasar tenaga kerja yang lebih baik.

Indeks Dow Jones dan S&P 500 sama-sama menguat 0.69% dan 0.81% pada penutupan dini hari tadi. Dollar Index melemah tipis bersamaan dengan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10thn yang turun 1.45bps.

Pengangkatan Yellen sebagai pengganti Ben Bernanke menjadi resmi malam tadi setelah hasil voting Komisi Perbankan di Senat AS.

Harapan percepatan tapering yang sempat muncul sehari sebelumnya sedikit sirna walaupun tidak sepenuhnya. Yellen yang mulai menjabat di bulan ke dua tahun depan diperkirakan tidak akan terlalu agresif dalam mengurangi bantuan likuiditas.

“Pasar bahkan berspekulasi bahwa Yellen akan memangkas target tingkat pengangguran dari yang awalnya 6.5% menjadi 6%,” jelas dia.

Pasar Asia kembali tertekan kemarin setelah hasil notulensi rapat FOMC Oktober yang pro-tapering disusul oleh data manufaktur Cina yang diumumkan di bawah harapan pasar. IHSG terkoreksi cukup dalam bersamaan dengan rupiah yang melemah.

Pagi ini indeks Nikkei 225 dan KOSPI sama-sama dibuka menguat cukup tajam.

IHSG diperkirakan ikut menguat setelah beberapa hari tertekan walaupun aksi jual rupiah nampaknya sulit untuk mereda. Belum ada data penting ekonomi AS sampai tanggal 25 November – pengumuman data penjualan rumah.

Tetapi siang ini Jerman akan mengumumkan GDP kuartal III. Performa ekonomi Jerman akan sangat menentukan langkah ECB berikutnya setelah minggu lalu membawa suku bunganya ke 0.25%.

Bank Indonesia (BI)  terus mendorong kurs rupiah JISDOR sampai ke atas 11,700 kemarin walaupun kurs rupiah NDF 1bln masih bertahan di 11,648.

Dengan selisih yang positif antara kurs JISDOR dan NDF 1bln, likuiditas dollar yang terjaga bisa membawa dampak positif ke IHSG.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gebrak Yogyakarta: Dua Beringin Kerjasama Destinasi Kembar

YOGYAKARTA-Pengelola Pusat Perbelanjaan Beringharjo, Yogyakarta dan Indonesia Green Tour yang

AP II Tingkatkan Run Away Bandara Soetta

JAKARTA-Operator Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura (AP) II menegaskan landas