Dorong Sinergisitas Parlemen, DPR dan DPD Sama-sama Mewakili Kedaulatan Politik Rakyat

Friday 5 Jul 2024, 2 : 45 pm
Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamuddin

JAKARTA  -Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamuddin menyampaikan pandangan terkait peningkatan peran DPD di era otonomi daerah.

Sebuah isu yang masih menjadi pertanyaan dan diskursus publik dan para ahli ketatanegaraan. Dalam FGD yang mengusung tema

“Hampir tiga dekade, otonomi daerah sudahkah sesuai harapan” itu Sultan mengatakan sejatinya DPD RI mampu berperan dan berkontribusi secara signifikan dalam mendorong percepatan konsolidasi demokrasi dan kemandirian fiscal daerah.

“Bisa dikatakan DPD dan otonomi daerah merupakan dua anak kandung reformasi yang krusial bagi pemerataan pembangunan nasional. Namun, dalam praktiknya, hubungan keduanya belum benar-benar terjalin secara akur dan saling melengkapi akibat ketiadaan mekanisme yang baku antara kedua institusi”, ujar Sultan saat menjadi narasumber Forum Group Discussion di Menara Kompas Jakarta, Jumat (05/07/2024).

Baca juga :  Komnas HAM dan Media Massa Memiliki Fungsi Yang Sama

Sultan yang saat mencalonkan diri sebagai ketua DPD RI menerangkan bahwa Indonesia memiliki dua Lembaga parlemen, sehingga bisa dikatakan sebagai parlemen dengan sistem Bikameral. Namun pembagian kewenangan kedua lembaga (DPD dan DPR) belum proporsional.

DPD masih terkendala terbatasnya kewenangan.

Sementara DPR memiliki kewenangan yang luar biasa dalam fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PUPR Targetkan Rusunawa Pasar Rumput Selesai 2019

JAKARTA– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat
Said Abdullah

Said Abdullah: Ibu Mega Tengah Jalani “Talent Scouting” Bacawapres Ganjar

JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menegaskan bakal calon wakil