DPR dan Pemerintah Diminta Prioritaskan UU JPSK

Selasa 24 Sep 2013, 8 : 43 pm
by

JAKARTA-Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution meminta pemerintah dan DPR agar lebih memprioritaskan keberadaan Undang Undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) untuk mengantisipasi krisis eksternal yang kerap mengancam perekonomian nasional. Keberadaan undang-undang ini sangat penting karena bisa mengatur langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi krisis ekonomi, termasuk siapa yang harus bertanggung jawab. “Saat krisis 1997-1998, sebelumnya kita mengetahui bahwa sumber krisis hanya berasal dari internal. Namun saat krisis 2008, kita semua baru menyadari ternyata krisis bisa datang dari luar,” kata Darmin, di Jakarta, Selasa (24/9).

Seperti diketahui, pada 18 Desember 2008 lalu, DPR menolak Perppu JPSK karena memberikan kekebalan hukum kepada para pengambil keputusan yang tergabung dalam Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK). Dengan alasan itu pula, beberapa kali RUU JPSK kandas di tangan legislator. Ironisnya, kalangan legislator tetap menolak untuk membahas RUU JPSK terbaru meski sudah menghilangkan hak imunitas para pengambil keputusan.  Hingga saat ini DPR telah menyepakati untuk tidak membahas pembentukan UU JPSK, sebelum Perppu JPSK dicabut.

Seharusnya, kata dia DPR menyadari bahwa stabilitas keuangan sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Sebab, perekonomian Indonesia masih rentan terhadap krisis, terutama imbas krisis yang masuk melalui jalur keuangan. “Terus terang, kalau ada bank kelas menengah roboh, apalagi bank besar, maka perekonomian kita akan semakin memburuk,” ujar Darmin yang juga Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Cawagub Benny: Jakarta Harus Jadi Kota Bagi Generasi Mendatang Bertumbuh

JAKARTA-Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI  Jakarta AJ Benny Mokalu bertekad

Layanan Digital Bank DKI Masuk Kantor Walikota Bekasi

BEKASI-Plt. Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono (kedua dari kanan) didampingi