DPR Desak Pendaftaran Pilkada Diperpanjang 3 Bulan

Thursday 6 Aug 2015, 5 : 19 pm
Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman dalam diskusi "Rekomendasi Bawaslu Perpanjang Pendaftaran Pilkada" di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

JAKARTA – Kalangan DPR mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar pendaftaran calon kepala daerah dalam pilkada serentak untuk 7 daerah diperpanjang hingga tiga bulan.

Alasannya calon tunggal membahayakan demokrasi.

“Misalnya saja, sekarang memakai Perppu, tujuh daerah kemudian menggunakan aturan baru ini, tapi pada masa sidang berikutnya Perppu ditolak DPR, maka kasihan mereka yang mendaftarkan. Sebab, gugur semua,” kata Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman dalam diskusi “Rekomendasi Bawaslu Perpanjang Pendaftaran Pilkada” di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Lebih jauh kata anggota Fraksi Partai Golkar itu akan lihat-lihat sisi lain kalau memang Presiden mengeluarkan Perppu soal Pilkada untuk tujuh daerah itu.

“Apalagi, kalau memasukkan bumbung kosong, tidak boleh itu, demokrasi macam apa,” katanya.

Baca juga :  F-PKB : Sederhanakan Demokrasi, Parliamentary Thrashold Dinaikan

Bumbung kosong merupakan kasanah politik dari Pilkades, yakni calon dilawankan dengan kotak kosong (bumbung kosong).

Menurut Rambe, hal ini tidak bisa dijalankan untuk Pilkada dan tidak ada dasar hukumnya.

“Mosok, manusia dilawankan dengan bumbung kosong. Nanti kalau bumbung kosong menang dan ada tuntutan hukum, siapa yang harus menghadapi, orang bumbung kosong tidak ada orangnya,” imbuhnya. **aec

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF

OJK: Peluncuran Papan New Economy Terganjal Perubahan Aturan BEI

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan, peluncuran Papan New Economy masih

Biaya Pembangunan Pelabuhan Patimban Telan Investasi Rp 40 Triliun

SUBANG-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, proyek pembangunan Pelabuhan