DPR Duga Ada Pihak Sengaja Hambat Pembangunan Kilang Minyak

Saturday 9 Jun 2018, 5 : 15 pm
Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih

JAKARTA-Masyarakat menyayangkan PT Pertamina tak serius merespon keinginan Presiden Joko Widodo untuk membangun kilang-kilang minyak baru. Padahal kebutuhan kilang minyak baru sangat mendesak untuk masa depan ketahanan energi bangsa.

“Sayang, tidak progres soal pembangunan kilang ini. Malah boleh dibilang stag program ini. Silahkan tanya deh ke Pertaminan kenapa bisa begitu,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dalam “Bincang-Bincang Santai dan Bukber bersama Legislator” di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Bahkan DPR prihatin dengan berbagai langkah Pertamina. Karena tak mau melanjutkan program dan kebijakan para direksi sebelumnya. “Jadi saya sedih juga karena waktu Pak Ellia Massa Manik itu menjabat tak melanjutkan rencana pembangunan kilang ini. Bahkan sempat mundur perencanaannya waktu itu,” tambahnya.

Malah, kata Politisi Partai Golkar, sampai Ellia Massa berakhir jabatannya tidak satupun manajemen Pertamina berusaha melanjutkan kebijakan dan program yang telah dibuat zaman Dwi Sutjipto.

“Dan akhirnya sampai sekarang semuanya belum jalan. Pada akhirnya, saat nanti sampai penyelenggaraan Asian Games menggukana BBM Euro 4.0, kita akan kembali impor. Karena sesuai dengan Permen LHK, harus pakai Euro 4.0, nah kita tidak punya. Yang enak dan menikmati importir lagi,” ungkapnya.

Ditanya soal adanya insentif dan tax holiday terhadap investor pembangun kilang minyak, Eni mengakui sebagai strategi dan kebijakan yang positif. Sehingga investor merasa dihargai. Namun lagi-lagi DPR mengingatkan ada pihak-pihak yang sengaja menghambat pembangunan kilang-kilang tersebut.

“Masalahnya dari manajemen banyak yang tidak menghendaki kilang itu jadi. Saya melihatnya begitu ya. Apa sih susahnya untuk bangun, kok sampai ada yang bilang bahwa pembangunan kilang ini tak menguntungkan secara ekonomi. Lho, kok mikirnya begitu?,” terangnya seraya mempertanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mbah Moen Silaturahmi ke Megawati

JAKARTA-Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menerima kedatangan Mbah

Rano Karno Jualan Sarung dan Kopiah Guna Bantu Palestina

JAKARTA-Sarung dan Kopiah Si Doel milik Rano Karno yang digunakan