Ekonomi Tumbuh 5,17%, Jokowi: Patut Kita Syukuri, Jangan Kufur Nikmat

Friday 8 Feb 2019, 10 : 56 am
by

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2018 mencapai 5,17 persen atau lebih tinggi dibanding pertumbuhan 2017 sebesar 5,07 persen, bahkan tertinggi dalam 4 (empat) tahun terakhir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pencapaian tersebut patut disyukuri, karena merupakan sebuah angka yang baik jika dibandingkan dengan negara lain.

“Ini patut kita syukuri, kita jangan kufur nikmat, jangan kufur nikmat,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/2) siang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan angka 5,17 % ini sangat positif. “Ini menunjukkan trend yang baik, karena dibandingkan beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 menunjukkan peningkatan,” katanya.

Presiden Jokowi mengatakan, angka pertumbuhan 5,17 persen itu angka yang baik kalau dibandingkan dengan negara lain. Ia meminta untuk dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di G-20 .

Presiden mengingatkan, bahwa Indonesia sudah masuk ke dalam G-20 yang PDB (Product Domestic Brutto) nya lebih dari 1 triliun dolar AS, kemudian inflasinya 3,13 persen, juga inflasi yang rendah.

“Kalau diberi kenikmatan pertumbuhan ekonomi yang diatas 5 persen, Alhamdulillah, disyukuri. Inflasinya juga 3,13 alhamdulillah disyukuri, karena global ekonomi, ekonomi dunia,memang masih pada posisi yang tidak menguntungkan kita,” ujar Presiden Jokowi.

Mengenai upaya pemerintah untuk meningkatkan lagi angka pertumbuhan ekonomi, Presiden Jokowi mengatakan, kuncinya hanya dua mendorong ekspor sebanyak-banyaknya, sekaligus mengurangi impor. dan juga mendorong barang-barang substitusi import agar diproduksi di dalam negeri,

Yang kedua, lanjut Presiden, investasi yang sebesar-besarnya. “Karena itu, Presiden menekankan, kita terus memperbaiki, menyederhanakan perizinan-perizinan yang ada di pusat maupun di daerah,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Masif Operasikan Jalan Tol Baru, Aset JSMR di 2019 Tumbuh 20,94%

JAKARTA-PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) pada 2019 lalu, mampu
Penambahan ini sebagai bagian dari antisipasi atas meningkatnya demand (permintaan) sesuai hasil prognosis Kementerian ESDM

Perlu Upaya Konkrit dan Terencana Capai Target Bauran 23% Di Tahun 2025

JAKARTA-Indonesia berkomitmen untuk melakukan penurunan emisi, sebagaimana ditegaskan pada COP