Emrus: Demi Kepastian Hukum, Syarat Umur Harus Merujuk UU No 10/2016 dan Bukan Keputusan MA

Wednesday 26 Jun 2024, 8 : 16 pm
by
Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing

JAKARTA – Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing menegaskan keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait saat pelantikan bahwa Gubernur terpilih pada Pilkada 2024 bisa berumur 30 tahun menimbulkan polemik.

Uniknya, keputusan tersebut tidak dikemukakan mulai berlakunya.

“Jadi, berpotensi menimbulkan ketidakpastian hukum kapan mulai berlaku,” tegasnya.

Padahal, setiap Undang-undang peraturan, keputusan dan kebijakan harus memiliki kepastian, tidak multi tafsir.

Oleh karena itu, agar tidak menimbulkan polemik yang berpotensi menimbulkan disorder (ketidakteraturan) sosial dalam penyelenggaran Pilkada 2024 dan pasca Pikada,  maka persyaratan umur calon Pilkada 2024, KPU dan KPUD harus berpedoman pada UU nomor 10 tahun 2016, Pasal 7 ayat 2 e.

Persyaratan umur untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil serta Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota menurut UU nomor 10 tahun 2016, Pasal 7 ayat 2 e berbunyi: berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota.

“Oleh karena itu, saya merekomendasikan kepada KPU dan KPUD di setiap tingkatan di seluruh tanah air tidak perlu/harus mengikuti keputusan MA yang menimbulkan polemik tersebut,” saranya.

Baca juga :  Jung Kyu Sung: Mr. Teguh Anak Muda Yang Menjanjikan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Industri Tekstil dan Alas Kaki Ditargetkan Naik 6,3%

SOLO-Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor

Resmikan 1.014 BLK Komunitas, Wapres: Kembangkan Pelatihan Sesuai Kebutuhan Pasar dan Industri

JAWA BARAT-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar Balai Latihan