EXCL dan Cisco Bakal Siapkan Jaringan 5G dan Cloud untuk IoT

Thursday 2 Mar 2023, 7 : 20 pm
Sanjay Kaul, President, Service Provider, Asia Pacific & Japan Cisco menandatangani MoU kerjasama XL Axiata dan Cisco disaksikan Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kiri) dan Direktur & Chief Digital Transformation and Enterprise Business Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya (tiga dari kiri), di dalam rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2023 di Fira Barcelona, Spanyol.

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Cisco (Nasdaq: CSCO) memutuskan untuk melakukan kerjasama penyiapan jaringan 5G dan infrastruktur cloud untuk solusi Internet of Things (IoT).

Menurut Direktur & Chief Digital Transformation and Enterprise Business Officer EXCL, Yessie D Yosetya, melalui kerjasama ini, kemampuan jaringan EXCL akan ditingkatkan dengan menggunakan otomatisasi end-to-end dan jaringan optik dalam upaya mendukung perubahan jaringan eksisting menjadi jaringan yang siap 5G, sekaligus memperkuat layanan konektivitas IoT.

Perlu diketahui, penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di sela-sela arena Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, Selasa (28/1), masing-masing oleh Yessie D Yosetya dan President, Service Provider Asia Pacific & Japan Cisco, Sanjay Kaul.

“Menata ulang jaringan selular adalah inti dari strategi kami di XL Axiata untuk terus maju dengan kecepatan penuh dengan memanfaatkan Cisco Routed Optical Networking and Automation. Hal ini sekaligus menunjukkan upaya kami untuk memanfaatkan inovasi teknologi di setiap lapisan,” ujar Yessie dalam siaran pers yang dikirim Kamis (2/3).

Yessie menambahkan, pengembangan solusi IoT hasil kolaborasi antara EXCL dan Cisco akan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan market di Indonesia, khususnya pelanggan korporasi.

“Melalui XL Axiata Business Solutions, kami akan memberikan solusi ICT terintegrasi yang terbaik bagi pelanggan dengan standar industri internasional yang dapat meningkatkan produktivitas ataupun efisiensi perusahaan,” tuturnya.

Dia menyebutkan, saat ini EXCL memiliki lebih dari 57 juta pelanggan, dengan jaringan luas yang melayani lebih dari 61.000 desa, 5.700 kecamatan dan 469 kabupaten/kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

FSP BUMN Bersatu Desak KPK Periksa Mantan Dirkeu Pelindo II 

JAKARTA-Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Pasarkan Produk dan Merek Lokal,Mendag Zulhas Live Shopping di Festival Indonesia

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag),  Zulkifli Hasan ikut berjualan daring di media