Faktor Siprus Menekan Rupiah

Friday 22 Mar 2013, 6 : 32 pm
by

JAKARTA- Analis valas PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih mengatakan nilai tukar rupiah selama perdagangan sepekan  masih tertekan. Hal ini dipicu oleh faktor eksternal, terutama sikap Siprus yang menolak dana talangan (bailout) Uni Eropa. “Rupiah sepekan ini menembus level terlemah di posisi 9.770 per dollar Amerika Serikat (AS),” ujar Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (22/3).

Menurut dia, pergerakan nilai tukar rupiah masih dipengaruhi sentimen negatif dari  pasar global, terutama masalah di Eropa.  Pelaku pasar global mulai khawatir terhadap persoalan Siprus yang akan semakin berlarut setelah hasil voting parlemen Siprus yang menolak syarat-syarat mekanisme dana talangan,”  Faktor Siprus ini menekan Euro. Karena Euro melemah dollar AS menguat otomatis mata uang non dollar AS lainnya ikut melemah,” urai dia.

Dia menjelaskan, efek negatif dari persoalan Syprus ini melebar. Bahkan, persoalan Siprus ini akan memperlambat pemberian dana talangan bagi negara lainnya yang sedang membutuhkan untuk pemulihan krisis keuangannya. “Kondisi di Eropa membuat pelaku pasar uang akan tetap memburu mata uang ‘safe haven’ seperti dollar AS,” kata dia.

Dia menambahkan, Siprus diambang kebangkrutan. Bahkan lembaga peringkat S&P menurunkan peringkat utang Siprus dari CCC+ (triple C plus) menjadi CCC (triple C) dengan catatan acute problems untuk sektor perbankannya. Ketidakpastian di Siprus itu direspon negatif pasar keuangan. “Artinya, selama persoalan Siprus belum selesai maka rupiah  masih akan tertekan,” kata dia.

Dari dalam negeri, kata dia, hampir tidak ada isu positif yang menopang rupiah. Bahkan,  ancaman tingginya inflasi Maret serta masalah defisit perdagangan masih menjadi kendala bagi apresiasi mata uang rupiah. “Tekanan terhadap espektasi cadangan devisa yang terus menipis juga membebani rupiah,” jelas dia.

Bahkan faktor politik seperti isu kudeta yang belakangan mencuat juga mempengaruhi rupiah.  “Jadi, memang minim sekali sentimen positif selama sepekan ini,” pungkas dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mendag: Indonesia Makin Kompetitif Bagi Investasi Dunia

SAN FRANCISCO-Pemerintah telah melakukan reformasi kebijakan di bidang ekonomi. Reformasi

Bank DBS Indonesia Berikan Pinjaman ke eFishery Senilai Rp500 Miliar

JAKARTA-Bank DBS Indonesia dan eFishery – sebuah perusahaan startup aquatech