Farial: Internal BI Lebih Berkompeten

Rabu 20 Feb 2013, 1 : 51 pm
by

JAKARTA- Direktur Currency Management Board, Farial Anwar  mengusulkan agar Gubernur Bank Indonesia (BI) berasal dari internal bank sentral.  Pasalnya, internal BI sangat paham betul isi perut BI sehingga tidak membutuhkan waktu penyesuaian lagi. “Kalau orang luar, butuh waktu belajar dan itu sudah nggak jamannya lagi,” ujar Farial di Jakarta, Rabu (20/2).

Seperti diketahui, Gubernur BI Darmin Nasution akan mengakhiri masa jabatannya pada Mei mendatang.  Mengacu pada Undang-Undang BI, nama calon tersebut harus diserahkan ke DPR paling lambat tiga bulan sebelum berakhirnya masa jabatan gubernur BI. Artinya, DPR harus sudah menerima usulan presiden paling lambat 22 Februari 2013.

Saat ini,  sejumlah nama kandidat gubernur BI mulai muncul. Nama-nama itu antara lain Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah, ekonom Raden Pardede, Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro, serta Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Anggito Abimanyu. Nama-nama yang beredar ini akan diseleksi menjadi tiga nama saja dan akan diajukan ke DPR pada 22 Februari mendatang. Bahkan, nama Darmin Nasution juga santer dikabarkan masuk kembali menjadi calon gubernur BI periode mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

MIND ID Segera Eksekusi Penerbitan Saham Baru INCO

JAKARTA-PT Vale Indonesia Tbk (INCO) berencana melakukan Penambahan Modal dengan

MDS Tbk Meraih Service Quality Diamond Award 2014

JAKARTA-PT Matahari Department Store Tbk (“MDS” atau “Perseroan”; kode saham: