Fit and Propert Test Calon Anggota BPK, 4 Calon Tak Hadir

Wakil Ketua Komisi XI DPR Hafisz Tohir Memimpin Pelaksanaan Fit and Proper Test

JAKARTA-Pelaksanaan Fit and Proper Test terhadap calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dilaksanakan Komisi XI DPR ternyata tak direspon semua undangan. Bahkan ada sejumlah calon anggota yang tidak hadir dalam fit and propert tersebut.

“Kalau tidak salah, ada empat orang yang tidak hadir. Jadi itu mulai dari 09.00 sampai pukul 16.00,” kata anggota Komisi XI DPR Muhidin Muhammad Said usai pelaksanaan fit and proper test di depan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (23/9/2019).

Dari pantauan lapangan, Wakil Ketua Komisi XI DPR Hafisz Tohir memimpin pelaksanaan fit and proper test pada pukul 14.00 hingga 16.30.

Berdasarkan catatan, Senin (23/9/2019) ada sekitar 11 calon yang uji kelayakan dan kepatutan. Secara rinci, 6 orang sejak pukul 09.00, namun satu orang tidak hadir. Kemudian, Komisi XI DPR melanjutkan lagi mulai pukul 14.00, sebanyak 5 orang calon. Namun yang tidak hadir sebanyak 3 orang.

Baca :  Per 1 April, Harga Premium dan Solar Masing-Masing Turun Rp 500/Liter

Lebih jauh kata Muhidin, pelaksanaan fit and proper test ini baru sebatas melihat calon-calon yang layak sesuai dengan kompetensinya. Baru nanti setiap fraksi mendiskusikan hasilnya. “Setiap calon dipelajari semua CV, oleh tim ahli Komisi XI DPR,” tambahnya.

Didesak apakah semua fraksi akan memberikan suara bulat, Muhidin tak bisa memberikan penjelasan secara pasti. “Itu tergantung masing-masing fraksi, mereka punya pandangan masing-masing. Karena pemilihan ini berdasar kriteria dan kompetensi yang ada, terutama calon harus bisa mengoptimalkan kinerja BPK ke depan,” terangnya lagi.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan Komisi XI DPR akan memilih lima orang dari 62 calon yang mendaftar anggota BPK. “Yang mengikuti fit and proper test itu lebih dari 54 orang. Paling utama itu soal kompetensi. Pemilihan dilakukan secara voting, one man one vote,” imbuhnya.

Baca :  RUU Karantina Tak Ganggu Dwelling Time