Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia Mudahkan Bisnis Mikro Melakukan Transaksi Keuangan

kerja sama Bank DBS Indonesia dan Flip.id untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan transaksi keuangan yang bebas hambatan khususnya pada kondisi di tengah pandemi saat ini.

JAKARTA-Tak dapat dipungkiri, pandemi mengubah cara hidup manusia dalam berbagai hal, termasuk cara masyarakat melakukan transaksi keuangan.

Kini, semakin banyak masyarakat yang memerlukan ketersediaan teknologi untuk memfasilitasi mereka dalam melakukan transaksi keuangan secara online.

Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pengguna layanan keuangan berbasis online, salah satunya Flip.id.

Aplikasi pionir yang menyediakan layanan transfer gratis antar bank tersebut mencatat adanya peningkatan pengguna sebanyak hampir 100% atau dua kali lipat selama pandemi berlangsung dibanding sebelum pandemi terjadi.

“Kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi penggunaan ATM. Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemi.” ujar Rafi Putra Arriyan, CEO dari Flip.id.

Untuk senantiasa memenuhi kebutuhan transfer antar bank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id menggandeng PT Bank DBS Indonesia sebagai mitranya.

Solusi teknologi yang dimiliki PT Bank DBS Indonesia, yaitu DBS RAPID memungkinkan Flip.id untuk dapat menjalankan proses transfer antar bank bagi nasabahnya dengan lancar dan tanpa hambatan.

DBS RAPID mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka.

Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman dan menempatkan nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia sebagai pemimpin pasar di industrinya.

Melalui layanan perbankan korporasi DBS RAPID, PT Bank DBS Indonesia memungkinkan nasabah korporasinya untuk dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan.

“Kami selalu berupaya untuk membantu nasabah korporasi kami dalam melakukan bisnisnya, salah satunya Flip.id. DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem PT Bank DBS Indonesia, sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” ujar Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia.

Senada dengan Husin, Angela Thenaria, Head of Institutional Banking Group 4 PT Bank DBS Indonesia, mengatakan, “Bank DBS Indonesia senantiasa berupaya menyediakan layanan-layanan perbankan korporasi yang mengakomodir kebutuhan nasabah korporasi kami sehingga memudahkan mereka dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya adalah PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi atau Flip.id yang telah menjadi nasabah kami sejak tahun 2019. Sebagaimana Flip.id memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank secara real time dan tanpa biaya, kami sebisa mungkin mendukung Flip.id menjalankan bisnisnya dengan solusi teknologi yang mulus dan tanpa hambatan.”

Dengan prinsip yang sama-sama ingin berkontribusi terhadap masyarakat, PT Bank DBS Indonesia dan Flip.id berharap dapat meringankan beban masyarakat serta memberikan kemudahan, kelancaran dan keamanan dalam mengirim dan menerima uang.

Dengan adanya kerja sama ini, Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transfer antar, secara online.

Selain itu, pengguna aplikasi Flip.id kini dapat melakukan transfer bebas biaya dari atau ke PT Bank DBS Indonesia.

Hal ini juga memperkuat posisi Flip.id sebagai pemimpin pasar teknologi finansial untuk transfer antar bank.

Pelaku bisnis mikro pun dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antar bank melalui aplikasi Flip.id. Bisnis mikro dapat menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen .

Selain untuk pengguna individu atau perseorangan dan bisnis mikro, kerja sama antara Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia juga dapat membantu korporasi.

Melalui layanan untuk mitra perusahaan Flip yang disebut dengan Big Flip, perusahaan pengguna Big Flip juga memiliki kanal alternatif untuk melakukan proses pembayaran ke PT Bank DBS Indonesia.

Hal ini tak lepas dari koneksi secara langsung antara Flip.id dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dimiliki oleh PT Bank DBS Indonesia.

“Bekerja sama dengan PT Bank DBS Indonesia, salah satu bank terbaik di Indonesia, menjadi usaha kami untuk senantiasa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan transfer antar bank yang meningkat di masa pandemi ini. Dengan adanya kerja sama ini, pengguna Flip.id dapat melakukan transfer dana dari ataupun ke PT Bank DBS Indonesia dengan lebih mudah dan tanpa dikenakan biaya administrasi.” ujar Rafi.

Bank DBS baru saja meraih pengakuan sebagai Bank Teraman di Asia atau The Asia’s Safest Bank 2020 dari Global Finance selama dua belas tahun berturut-turut, juga dinobatkan sebagai Bank terbaik di dunia atau The Best Bank in The World 2020 dari Global Finance, dan juga Asia’s Best Bank 2020 dari Euromoney.