Formappi Apreasiasi DKPP Pecat Hasyim Asy’ari dari Ketua KPU RI karena Kasus Asusila

Wednesday 3 Jul 2024, 8 : 22 pm
by
Formappi Desak Anggota DPR dan DPRD Terlibat Judi Online Dipecat
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus. Foto: Beritamoneter.com

JAKARTA – Peneliti Formappi Lucius Karus mengatakan keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memberhentikan Hasyim Asy’ari dari jabatannya sebagai Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) layak diapresiasi.

Langkah ini diambil setelah Hasyim terbukti melakukan pelanggaran etik serius, yang telah dikonfirmasi oleh DKPP sebagai perbuatan asusila.

“Apresiasi itu tentu setelah melihat kasus etik yang dihadapi oleh Hasyim memang bukan kasus receh. DKPP mengonfirmasi perbuatan asusila dilakukan Hasyim,” kata Lucius Karus dalam keterangannya, dikutip Rabu (3/7).

Menurut Lucius, kasus yang baru saja diputuskan oleh DKPP ini bukanlah kasus pertama yang melibatkan Hasyim. Ini adalah kali kedua Hasyim terlibat dalam pelanggaran etik.

Baca juga :  TPDI: Asas "Lex Specialis Derogat Legi Generalis”, Ahok Tak Dapat Diberhentikan Sementara

“Dan sangat mungkin kasus kedua ini terjadi karena Hasjim merasa sanksi etik pada kasusnya yang pertama begitu ringan sehingga leluasa mengulangi lagi perbuatan serupa,” ucapnya.

Pada kasus pertama, Hasyim hanya mendapatkan sanksi berupa teguran. Sanksi tersebut terlalu remeh untuk memicu efek jera pada pelaku. Tak heran jika muncul kasus serupa untuk kedua kalinya.

Oleh karena itu, putusan DKPP pada kasus pertama patut disesalkan, karena tidak memberikan efek jera yang cukup kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

manufaktur

Produktivitas Industri Manufaktur Skala Besar dan Kecil Masih Tumbuh

JAKARTA-Industri manufaktur di Indonesia masih menunjukkan kinerja yang positif sepanjang

Tim Hukum Sukses Pertahankan Logo Jempol

SURABAYA-KOMISI Pemilihan Umum Jawa Timur memutuskan, logo Jempol yang menjadi